Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Reflective Session My Joyful SLM sebagai Evaluasi Penerapan SLM

 Soegijapranata Learning Model (SLM) merupakan metode pembelajaran yang sedang digarap dan didesain khusus oleh tim Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Unika Soegijapranata. Setelah diterapkan di beberapa mata kuliah, LP3 mengadakan kegiatan “Reflective Session My Joyful SLM”. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari “Training Of Participants SLM” pada 22 Februari 2022 dan juga “My Joyful SLM” pada 17-18 Mei 2022. Kegiatan ini berlangsung pada 26-27 Juli 2022 di Gedung Henricus Constant A.3.2 dan Ruang Rapat Gedung Mikael Lt.4, Unika Soegijapranata.

Reflective Session My Joyful SLM dihadiri oleh beberapa dosen berbagai program studi dan seluruh tim LP3 yang beranggotakan Dr. Heny Hartono, SS MPd selaku Kepala LP3, Hironimus Leong, SKom MKom selaku Kepala Pusat MKU & MBKM, Ir. IM. Tri Hesti Mulyani, MT  selaku Kepala Pusat Kajian & Pengembangan Kurikulum dan Dr. Dra. Lucia Hernawati, MS selaku Kepala Pusat Kajian & Pengembangan Andragogi yang sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Reflective Session My Joyful SLM.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi pelaksanaan SLM (Soegijapranata Learning Model) yang telah dilakukan oleh para dosen di beberapa mata kuliah terdaftar di berbagai program studi.

Kegiatan Reflective Session My Joyful SLM  ini dibuka oleh Dr. Berta Bekti Retnawati, S.E., M.Si selaku Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni. Dilanjutkan dengan presentasi sharing yang dibawakan oleh Dhiyan Krishna Wardhani, ST MUE dan Emilia Ninik Aydawati, SP MHum untuk hari yang pertama dan hari yang kedua dibawakan oleh Dr. A. Rachmad Djati, W. MS dan Bonifacio Bayu Senasaputro, ST MSc.

Setelah sesi sharing, dilanjutkan dengan sesi review SLM yang dibawakan oleh ibu Dr. Dra. Lucia Hernawati, MS selaku Kepala Pusat Kajian & Pengembangan Andragogi Unika Soegijapranata mengenai karakteristiki kelas yang seperti apa, metode pembelajaran apa yang sebaiknya digunakan, kemudian sikap seperti apa yang harus dilakukan dosen kepada mahasiswa serta sikap mahasiswa seperti apa yang harus dilakukan kepada dosen.

Kemudian setelah sesi review dilanjutkan sesi diskusi yang dibawakan oleh Hironimus Leong, SKom MKom selaku Kepala Pusat MKU & MBKM. Pada sesi ini, Hironimus membuka forum untuk para dosen memberikan pengalaman mereka mengenai metode pembelajaran yang sudah mereka terapkan selama perkuliahan berlangsung, dari forum diskusi ini banyak sekali pandangan dan metode-metode yang mungkin dapat diterapkan oleh beberapa dosen.

Kabar baik terus berdatangan dari hasil diskusi karena penerapan SLM cukup mendapat respon yang positif oleh mahasiswa. Meskipun terdapat beberapa hal untuk kemudian dibenahi bersama, SLM menjadikan suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan mahasiswa menjadi lebih aktif.

Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3), Dr. Heny Hartono, SS MPd menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama para dosen Unika Soegijapranata. yang telah berusaha untuk mengaplikasikan SLM di mata kuliah yang diampu dan berharap semoga kedepannya. Ia juga berharap agar penerapan SLM dapat terus berkembang dan membuahkan hasil yang semakin baik. Sehingga mahasiswa Unika Soegijapranata dapat mengembangkan karakter KKVPT (kritis, kreatif, visioner, peduli dan tangguh) untuk menjadi calon pemimpin di masa depan. (LP3) (Cis)

 

 

 

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 🇮🇩

#KebangkitanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message