Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

PTMB Unika Soegijapranata Berlangsung dengan Penuh Sukacita

“Wong Unika kok dibanding-bandingke, saing-saingke, yo mesthi menange, tak oyak’o aku yo mesthi aku mampu, mung sak kuatku mencintaimu, ku berharap engkau mengerti, di hati ini hanya ada mahasiswa baru,” sambut Rektor Unika Soegijapranata dengan nada lagu Ojo Dibandingke, dihadapan mahasiswa baru.

Unika Soegijapranata Semarang telah menyelesaikan kegiatan PTMB (Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru) dengan penuh sukacita. Kegiatan tersebut telah berlangsung sejak 30 Agustus – 3 September 2022. Melalui tema yang diusung “Joyful Learning” atau “Kesukacitaan Belajar”. Menurut Rektor Unika Soegijapranata, Dr. Ferdinandus Hindiarto S.Psi., M.Si. dengan memperkenalkan tema tersebut sekiranya tidak menakutkan bagi mahasiswa ketika beradu gagasan, menyampaikan pendapat, dan tidak stres ketika belajar, sehingga dalam proses pembelajaran di kelas akan terus menyenangkan.

Sebagai pendukung tema PTMB 2022 terdapat sesi acara dan materi-materi yang akan didapatkan para mahasiswa baru antara lain:

  • Tokoh Menyapa
  • Talkshow Hymne dan Mars Unika Soegijapranata
  • Materi Unika Multi Kultur
  • Materi Anti Kekerasan dan Bullying
  • Materi Growth Mindset
  • Materi Unika Joyfull SLM (Soegijapranata Learning Model)

Ketua Panitia PTMB 2022, Dr. Siswanto S.Psi., M.Si. menyampaikan dengan konsep memperbanyak kegiatan di luar ruangan dan disertakan pula pelbagai permainan akan menciptakan suasana yang menyenangkan selama PTMB berlangsung.

“Banyak memang kegiatannya di luar atau lapangan terbuka sehingga masalah kebebasan bergerak dan sirkulasi udara akan jauh lebih baik (mengingat masih di masa pandemi), tentunya sambil menaati protokol atau memakai masker,” jawabnya.

Masa ospek mahasiswa yang biasanya dikenal dengan suasana menegangkan, Unika Soegijapranata justru sebaliknya akan hal itu. Ketua Panitia PTMB 2022 membeberkan, berbagai sesi acara disampaikan dengan suasana gembira sehingga dapat menjadikan sebuah proses dan suasana belajar yang optimal serta menyehatkan secara mental.

Maka dalam rangka PTMB 2022 ini mahasiswa baru akan disadarkan bahwa dirinya sudah tidak menjadi siswa SMA melainkan mahasiswa sekaligus menumbuhkan rasa bangga terhadap almamaternya.

“Yang pertama, kesadaran baru bahwa mereka sekarang (mahasiswa) sudah lagi tidak siswa SMA. Mereka sudah mulai harus mandiri, berani mengambil keputusan sendiri dan tidak ketergantungan lagi dengan orang tuanya terus-menerus. Kedua, menumbuhkan rasa bangga khususnya menjadi mahasiswa Unika Soegijapranata. Ini persoalan yang penting, apabila mahasiswa tidak mempunyai rasa bangga terhadap diri mereka maupun almamater, nantinya motivasi mereka pun juga tidak akan optimal,”

Mendatangkan mahasiswa SOTY (Student Of The Year) dan para alumni Unika Soegijapranta pada sesi acara Tokoh Menyapa ini bertujuan untuk membagikan pengalamannya kisah suksesnya dan memperkuat antara keadaan lapangan dengan materi dosen yang pernah dijelaskan kepada tokoh semasa kuliah.

Ada dua alumni yang didatangkan yakni Febrian Wicaksono (co-founder dan Vice President PT. Mitra Kasih Perkasa) dan Dea Rizkita (Puteri Indonesia Perdamaian 2017), kemudian Evelyna Nissi sebagai pemenang SOTY 2021 sekaligus Mahasiswa penerima Beasiswa IISMA 2022.

Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga turut menyambut mahasiswa baru Unika Soegijapranata pada Selasa (30/8). Menurutnya, dengan tema “Joyful Learning” ini mampu memudahkan mahasiswa untuk adaptif dengan budaya dan lingkungan Unika Soegijapranata.

“Saya senang, mahasiswa dari seluruh Indonesia ada di kampus ini. Maka joyfull learning-nya itu tidak hanya diartikan dalam proses belajarnya tetapi mereka bisa berteman dengan banyak orang dari banyak tempat, mengerti beda suku, agama, golongan sosial yang ada,” pungkasnya.

Tidak hanya itu, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi sebagai alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata juga turut datang menyambut mahasiswa baru fakultasnya. Dalam sambutannya, Ia menyoroti bahwa kampus kini tidak hanya menjadi satu tempat untuk menimba ilmu saja melainkan sebagai wadah pula mengenai dinamika serta menjalin relasi.

“Kekuatan-kekuatan ilmu pengetahuan itu bagus tetapi harus ditunjang oleh perilaku kita, sifat-sifat kita yang baik, saling membantu, saling menghormati, attitude serta keterampilan itu juga sangat penting,” tuturnya.

Diakhir rangkaian PTMB 2022 tepatnya pada 3 September, seluruh mahasiswa baru di tiap-tiap fakultas menampilkan yel-yel fakultasnya masing-masing. Selain itu juga ada expo UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di tingkat universitas yang turut menyambut dan mengajak para mahasiswa baru bergabung di dalamnya. Suasana kampus dalam penyambutan mahasiswa baru akhirnya kembali hidup setelah 2 tahun berlangsung secara online. Penampilan Soul Groove juga turut memeriahkan penutupan PTMB 2022 ini.

Rektor Unika Soegijapranata secara simbolis juga mengenakan jas almamater kepada mahasiswa baru. Selain itu juga menerima secara simbolis 1000 buku untuk kemudian diserahkan kepada sekolah-sekolah terpencil. (Dim)

Selamat datang keluarga baru Unika Soegijapranata!

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message