Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Perahu Perutusan; Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Struktural di Lingkungan Unika Soegijapranata

Unika Soegijapranata melakukan pelantikan dan serah terima jabatan struktural pada Kamis, 08 September 2022 di Teater lantai 3, Gedung Thomas Aquinas. Pemberhentian pejabat struktural di lingkungan Unika Soegijapranata sejumlah 31. Sedangkan pengangkatan pejabat struktural sejumlah 46.

“Terima kasih untuk teman-teman yang sudah menyelesaikan tugas secara resmi. Terima kasih atas semua pengorbanan karena semua pejabat struktural mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan kadang-kadang juga hati dan perasaan untuk orang lain, untuk teman-teman dalam satu fakultas, teman-teman satu progdi.” ucap Dr. Ferdinandus H. M.Si, Rektor Unika Soegijapranata dalam kata sambutan Serah Terima Jabatan Struktural.

Pergantian pejabat struktural di lingkungan Unika Soegijapranata menjadi spirit baru untuk bekerja dengan sukacita. Hal ini selaras dengan ucapan Ferdinandus bahwa “Mari kita mulai hidupi dan bekerja dengan sukacita, bahwa akan ada banyak tantangan itu pasti. Tetapi mari kita mencoba untuk selalu sukacita, karena dengan suka cita barangkali ada pencerahan-pencerahan baru dan ada ide-ide baru.”

Selain itu, Rektor Unika Soegijapranata menekankan bahwa ia ingin memformalkan Unika Soegijapranata sebagai sebuah organisasi. “Sebagai sebuah organisasi harus formal tetapi untuk relasi interpersonalnya informal.” Penekanan dalam memformalkan Unika Soegijapranata sebagai sebuah organisasi ini juga didukung dengan sebuah analogi bahwa organisasi menjadi satu tatanan yang membutuhkan kebersamaan dalam mendayung perahu.

“Saya menganalogikan kita (Unika Soegijapranata) seperti mendayung perahu. Maka Universitas menamai dirinya ‘perahu perutusan’. Tidak mungkin hanya saya dan 4 wakil rektor saya mendayung perahu ini, apa lagi 2 wakil rektor saya kurus-kurus seperti ini, bisa-bisa tidak sampai-sampai nanti.” tuturnya sambil bercanda. “Maka semua harus bersama-sama mendayung, tetapi juga tidak asal mendayung. Mendayungnya harus selaras, jadi ketika kita bersama-sama; kanan, kanan, kiri,kiri maka akan cepat sampai. Kalau mendayungnya sendiri-sendiri sesukanya sendiri, dayungnya bisa nyampluk teman depan atau belakangnya ketika tidak kompak.” terang Ferdinandus dalam penekanannya mengenai Perahu Perutusan.

Maka, penekanan dalam Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Struktural di Unika Soegijapranata ini menjadi sebuah organisasi dengan terus bersama-sama mendayung perahu perutusan dengan penuh sukacita. Selain itu Rektor Unika Soegijapranata juga menekankan bagaimana segenap civitas akademika dipilih dan diutus untuk bekerja dengan sukacita di Unika Soegijapranata.

“Saya ingin membungkus sambutan ini dengan penguatan dari doa Romo Pras. Saya juga bertanya-tanya kenapa saya jadi Rektor ya? ini masih menjadi pergulatan aneh lalu saya menemukan dalam lagu Puji Syukur nomor 695.”

Bunyi dalam lagu Puji Syukur ini menurut Ferdinandus merupakan sebuah refleksi dimana setiap dari kita dipilih dan diutus untuk bekerja dengan penuh sukacita. “Bukanlah engkau yang memilihKu, melainkan Aku yang memilihmu, Kini Aku serahkan tugas, supaya engkau menghasilkan buah limpah. Pergilah dan sebarkanlah, kabar sukacitaKu, sampai akhir zaman, Aku serta-Mu.” lantunan seisi ruang Theater menyanyikan PS no 695.

“Saya merefleksikan ternyata kita memang dipilih dengan cara-Nya yang kita tidak pernah tahu, dan kita diutus bekerja dengan sukacita tapi tidak perlu khawatir dengan semua tantangan karena Tuhan selalu mendampingi kita.” Terangnya. (Kris)

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message