Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Kembali Kepada Ibu ; Unika Soegijapranata Adakan Perayaan Ekaristi di TMPN Giri Tunggal dan Live-In di 22 Paroki

Unika Soegijapranata mengadakan Perayaan Ekaristi di Makam Mgr. Soegijapranata, Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal, Cungkup pada Jumat (22/02). Perayaan ekaristi ini merupakan peringatan wafat Mgr. Albertus Soegijapranata ke 59 (22 Juli 1963 – 22 Juli 2022), serta dalam rangka kegiatan Dies Natalis Unika Soegijapranata ke 40 tahun 2022 dan Perutusan Live-In. Perayaan ekaristi ini dihadiri oleh pengurus Yayasan Sandjojo; seluruh lembaga dengan nama Soegijapranata seperti lembaga sosial Soegijapranata dan Rotary Club Of Soegijapranata; serta dosen dan tenaga kependidikan Unika Soegijapranata yang masih aktif maupun yang telah purna tugas.

Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Keuskupan Agung Semarang sebagai selebran utama pada perayaan ekaristi kali ini. Didampingi oleh Romo Paulus Wiryono, SJ (Ketua Yayasan Sandjojo) dan Romo Aloysius Budi Purnomo, Pr (Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata), serta Romo Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF (Sekretaris Keuskupan Agung Semarang). Perayaan Ekaristi berlangsung penuh kekhusyukan dan kehangatan dengan umat yang duduk di sekitar makam Mgr. Soegijapranata. Perayaan Ekaristi ditutup dengan tabur bunga di Makam Mgr. Albertus Soegijapranata.

Perayaan Ekaristi ini bukan hanya sebagai peringatan wafatnya patron Unika Soegijapranata ke 59, Mgr. Albertus Soegijapranata. Namun juga dalam rangkaian Dies Natalis Unika Soegijapranata ke 40 serta perutusan Live-In yang akan dilaksanakan di 22 Paroki.

Rektor Unika Soegijapranata, Dr. Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi dalam sambutannya menyampaikan “Dalam Ex Corde Ecclesiae (sebuah Konstitusi Apostolik yang ditulis oleh Paus Yohanes Paulus II) mengatakan bahwa setiap universitas katolik di dunia ini lahir dari jantung gereja. Jadi kita punya Ibu yang melahirkan kita (universitas katolik) yakni Gereja. Pertanyaannya adalah apakah yang sudah kita berikan kepada ibu kita? Hal seperti apa yang akan kita berikan pada Ibu kita? Maka mari kita kembali ke Ibu kita, mari kita berikan yang terbaik kepada Ibu kita dari apa yang kita punya” tuturnya.

Live-In merupakan program perutusan civitas akademika Unika Soegijapranata kepada Gereja Katholik. Kegiatan live-in diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan Unika Soegijapranata selama 3 hari 2 malam, pada 22-24 Juli 2022. “Live-in merupakan wujud nyata kehadiran Unika Soegijapranata sebagai universitas katholik terhadap Gereja. Tidak berhenti wujud sumbangsih dalam dunia pendidikan saja, namun juga dunia pendidikan yang kita implememtasikan dalam masyarakat” tutur G.M. Adhyanggono SS MA PhD selaku koordinator live-in.

Sebanyak 122 orang dosen dan tenaga kependidikan Unika Soegijapranata yang kemudian terbagi dalam kelompok-kelompok yang tersebar dalam 22 paroki. Setiap paroki terdiri atas 5-7 orang. Berikut daftar 22 Paroki yang menjadi tempat Live In dosen dan tenaga kependidikan Unika Soegijapranata selama 3 hari. Terbagi atas 19 Paroki di Keuskupan Agung Semarang dan 3 Paroki Keuskupan Purwokerto :

  1. Paroki St. Thomas Rasul, Bedono
  2. Paroki St. Ignatius, Magelang
  3. Paroki St. Mikael Pancaarga, Magelang
  4. Paroki St. Yusuf Bandung, Gunung Kidul, DIY
  5. Paroki Keluarga Kudus Banteng, DIY
  6. Paroki St. Petrus dan Paulus Klepu, DIY
  7. Paroki St. Petrus dan Paulus Babadan, DIY
  8. Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Bantul
  9. Paroki St. Petrus dan Paulus Minomartani, DIY
  10. Paroki Kristus Raja Semesta Alam Tegalrejo, Salatiga
  11. Paroki Kristus Raja, Solo Baru
  12. Paroki St. Perawan Maria Regina Purbowardayan, Surakarta
  13. Paroki St. Yohanes Rasul Wonogiri
  14. Paroki St. Yusup Baturetno, Wonogiri
  15. Paroki St. Petrus Gubug, Porwodadi
  16. Paroki St. Yusuf, Pati
  17. Paroki St. Yohanes Evangelista, Kudus
  18. Paroki St. Maria Marganingsih Kalasan
  19. Paroki St. Yosep Mejasem, Tegal
  20. Paroki Keluarga Kudus, Parakan
  21. Paroki St. Yohanes Rasul, Kutoarjo
  22. Paroki St. Stephanus, Cilacap

Setiap kelompok mempunyai beberapa rancangan program yang akan dilaksanakan selama live-in. Adapun program-program tersebut merupakan hasil observasi lapangan menyesuaikan kebutuhan masing-masing paroki. Sasaran setiap kelompok live-in juga beragam, ada OMK, UMKM, keluarga, maupun lansia. Beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan seperti pendampingan, pelatihan, diskusi, dsbnya. Ini merupakan sebuah upaya Unika Soegijapranata untuk hadir bagi Gereja. Suasana “joyful” atau sukacita yang menjadi kekhasan Unika Soegijapranata kemudian dibawa dan diimplementasikan dalam karya perutusan live-in di paroki.

Dr. Ferdinandus mengajak para dosen dan tenaga kependidikan yang terlibat di dalam kegiatan live-in ini untuk berbagi “wajah” sukacita. “Tidak perlu dibayangkan yang berat-berat karena kita mau berkenalan, berinteraksi sekaligus ingin merefleksikan Unika Soegijapranta dimata umat seperti apa. Kita mencoba menangkap harapan-harapan umat yang nanti setiap saat kita follow-up, karena hanya itu yang dapat kita berikan kepada Ibu kita yang melahirkan universitas katolik ini, yang menjadi tempat kita berkarya menjalankan perutusan” tuturnya.

Ia juga menyampaikan kegiatan live-in akan menjadi agenda tahunan Unika Soegijapranata dalam upaya perutusan dan karyanya untuk “kembali kepada Ibu (Gereja)”. “Namun diluar live-in ini, fakultas dan unit juga akan terus menerus melakukan berbagai upaya untuk menindaklanjuti ke tiap-tiap paroki” pesannya.

Talenta Pro Patria Et Humanitate! (Cis)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message