Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Insinyur Muda Tanggap Lingkungan: FIM PII Adakan Seminar di Unika Soegijapranata 

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ke-70, Forum Insinyur Muda (FIM) Persatuan Profesi Insinyur (PII) bersama Unika Soegijapranata mengadakan Seminar Workshop Nasional pada Sabtu (11/06). Seminar Workshop ini diadakan di Gd. Henricus Constant, Kampus-1 Unika Soegijapranata Semarang. Berlangsung secara hybrid dengan dihadiri oleh mahasiswa dan beberapa tamu undangan.

Seminar dan Workshop Nasional ini bertema “Peran Insinyur Muda Terhadap Pembangunan Lingkungan Hijau”. Seminar dan Workshop Nasional ini diisi oleh dua orang narasumber, salah satunya ialah Dekan Fakultas Teknik Unika Soegijapranata, Dr Ir Djoko Suwarno MSi. Dalam kesempatan ini Beliau menyampaikan materi dengan tema “Penerapan Konsep Lingkungan Hijau”.

Tema ini diangkat untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang jatuh pada 5 Juni. FIM PII juga ingin menunjukkan sekaligus mengajak para insinyur muda untuk peduli terhadap lingkungan hijau. Dr Ir Djoko Suwarno, M.Si secara khusus membahas isu yang sedang hangat yakni Energi dan Limbah.

Ia juga memaparkan hasil penelitiannya bersama Universitas Kalimantan dalam pemanfaatan limbah kelapa sawit sebagai bahan biodiesel. Adanya biodiesel sebagai hasil pemanfaatan limbah kelapa sawit ini dapat menekan import solar yang semakin tinggi serta mengurangi pencemaran sekitar 30% dibandingkan solar. “Nah jadi limbah bukan sekedar limbah yang, namun merupakan bahan yang belum kita olah secara maksimal. Maka kita perlu untuk mengolah menjadi barang yang berharga. Saya ingin mengajak ayo insinyur muda mulai berkiprah jangan hanya menyelesaikan masalah lingkungan hanya dengan bahan pangan saja” ucapnya.

“Saya juga berharap mahasiswa Fakultas Teknik Unika Soegijapranata, walaupun masih calon sarjana, teman-teman ini mulai paham dan sadar untuk tidak menambah pencemaran. Terlebih Unika Soegijapranata memang berkiprah di bidang lingkungan, sehingga mari kita buktikan bahwa kita juga punya tenaga-tenaga yang memperhatikan lingkungan” ucap Dr Ir Djoko.

Unika Soegijapranata sebagai salah satu anggota PSPPI (Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur) turut mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh FIM PPI ini. Ketua PSPPI UNIKA Soegijapranata, Ir Widija Suseno W, MT IPU mengajak para insinyur muda maupun calon insinyur muda untuk berani ambil bagian dalam hal lingkungan. Ia juga mengajak mahasiswa teknik Unika Soegijapranata sebagai calon insinyur muda untuk terlibat dalam kepedulian lingkungan.

PSPPI Unika Soegijapranata berharap kedepannya dapat semakin banyak kegiatan yang melibatkan insinyur muda dan organisasi lain yang berkaitan dengan keinsinyuran agar dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas PSPPI dalam kiprahnya di lingkungan.

Selain seminar dan workshop nasional ini, diadakan pula penanaman mangrove di Pantai Mangunharjo sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap lingkungan. Setidaknya terdapat 700 bibit yang siap ditanam. Disusul dengan diadakannya Rapat Kerja FIM Jateng 2021-2024 pada Minggu (12/06). (Cis)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message