Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Dosen Muda Unika Soegijapranata Siap Mengubah Warna Pendidikan Menjadi Sukacita

Dalam rangka menciptakan suasana pembelajaran kuliah yang sukacita dan joyful. Para dosen muda dan baru Unika Soegijapranata ini akan diberikan tanggung jawab secara khusus untuk menerapkan program pembelajaran yang baru yakni SLM (Soegijapranata Learning Model).

Oleh karena itu, guna mewujudkan dan mematangkan program tersebut para dosen muda dan baru diwajibkan untuk mengikuti kegiatan kampus yaitu TCB (Teaching Capacity Building) 2022. Kegiatan berlangsung lima hari (22 – 26 Agustus 2022) di Griya Paseban, Semarang.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “My Calling as an Educator”. Melalui tema ini, dosen dituntut tidak hanya menjadi pengajar saja melainkan seharusnya menjadi pendidik bagi generasi muda bangsa Indonesia selanjutnya. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Lembaga Pengembangan, Pengkajian, dan Pendidikan (LP3) Unika Soegijapranata, Dr. Heny Hartono, SS MPd.

“Tujuan kegiatan ini adalah menyiapkan para dosen muda dan baru supaya siap untuk menjalankan tugas utamanya sebagai seorang pendidik. Jadi para dosen ini dibekali beberapa pengetahuan dasar yang harus dimiliki seorang dosen, ketika seorang dosen akan mengajar,” tuturnya.

“Bekal tersebut itu meliputi, baik dari sisi knowledge, pengetahuan, kemudian skills, dan keterampilan yang tentu saja menunjang bagi tugas utama seorang dosen. Dan yang satu hal lagi, adalah tentang filsafat pendidikan,” sambungnya.

Kegiatan yang berlangsung hampir seminggu ini, para dosen akan mendapatkan banyak pengetahuan terkait bagaimana semestinya menjadi pendidik di kampus Unika Soegijapranata. Berikut materi yang akan diapaparkan oleh narasumber antara lain:

  • Motivasi dan Keyakinan – Dr. Christin Wibhowo S.Psi., M.Si.
  • Nilai-nilai Inti Organisasi – Dr . Ferdinus Hindiarto S.Psi., M.Si.
  • Filsafat Pendidikan – Dr. JC. Tukiman Taruno Sayogo
  • Andragogy Kontekstual, Metode Pembelajaran SLM – Dr. Dra. Lucia Hernawati,
  • Kurikulum, Syllabus, Lesson Plan – Dr. Mateus Yumarnamto, M.Hum.
  • Public Speaking & Presentation – Dr. Heny Hartono, S., M.Pd.
  • Interpersonal Skills – Kuriake Kharismawan S.Psi., M.Si.
  • Coaching & Conseling – Dr. Siswanto S.Psi., M.Si.

Setelah mendapatkan materi yang disuguhkan oleh narasumber, nantinya sebelum menjelang tidur setiap para dosen akan diminta untuk merenungkan apa yang sudah didapati sewaktu mengikuti rangkaian kegiatan acara. Sesi refleksi ini diberi nama: Diary of the Day.

“Dalam sesi refleksi nanti mereka (para dosen) diminta untuk merenungkan terkait materi-materi yang telah disampaikan, supaya nantinya mereka kira-kira dapat memikirkan apakah materi-materi yang sudah dijelaskan tadi bisa diimplementasikan atau tidak,” tuturnya.

Berangkat dari program SLM yang mempunyai tujuan untuk menciptakan suasana kelas yang sukacita. Oleh karena itu, ada salah satu sesi yaitu TCB Got Talent, yang sekiranya dapat berguna untuk menunjang program pembelajan baru tersebut ketika sudah terealisasikan.

“Jadi sesi ini bisa mengetahui potensi-potensi para dosen sebagai pendidik yang nantinya berguna sekali untuk meramaikan kelas dan menciptakan kelas yang menyenangkan,” jelasnya.

Kepala LP3, Heny menyatakan bahwa dosen-dosen muda ini berpotensi untuk mengubah suasana pembelajaran Unika Soegijapranta menjadi yang menyenangkan dan nyaman.

“Dengan adanya kegiatan TCB, lalu metode pembelajaran baru yaitu SLM, semoga dapat mendukung visi dan misi Unika Soegijapranata. Yang secara khusus adalah menciptakan tradisi unggul (dalam akademik, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat),” harapnya. (Dim)

 

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message