Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

DKV Unika Bersama BDI dan SeCCon Adakan Pelatihan SDM Sektor Industri Kreatif

 

Pelatihan pembuatan aset animasi 3 dimensi telah diselenggarakan di Kampus Unika Soegijapranata sebagai realisasi program kerjasama antara Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata dengan Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar serta Semarang Creative Content (SeCCon).

Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Program Studi DKV Unika Bayu Widiantoro ST MSn di sela-sela kegiatannya pada Kamis (10/3) di gedung Henricus Constant Unika Soegijapranata.

“Pelatihan ini bersifat nasional dan diselenggarakan oleh BDI Denpasar yang dibawah naungan Departemen Ketenagakerjaan. Harapannya setelah para peserta mendapatkan pelatihan akan mendapatkan sertifikasi uji kompetensi dan dilanjutkan pada penempatan kerja,” terang Bayu.

Sementara Prodi DKV Unika diizinkan untuk menyelenggarakan pelatihan ini di kampus Unika, termasuk mahasiswanya juga diperbolehkan untuk ikut andil di dalamnya, walau secara tidak langsung, lanjutnya.

Sedang BDI Denpasar juga menjalin kerjasama dengan SeCCon yang didalamnya berisi para kreator bidang animasi di Kota Semarang. Prodi DKV Unika sebagai penyedia fasilitas bagi terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut.

“Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh umum dan beberapa mahasiswa DKV Unika. Jumlah pesertanya adalah sekitar 24 orang, yang sebelumnya telah diseleksi dari pendaftar yang berjumlah kurang lebih 60 orang,” terangnya.

Dari BDI Denpasar yang wakili oleh Harjo Apkuanbo SKom mengemukakan tentang pelaksanaan pelatihan yang diselenggarakan selama satu bulan dari tanggal 10 Maret hingga 12 April 2022.

“Salah satu visi dalam kegiatan ini sesuai yang disampaikan Pak Menteri adalah mencetak SDM kreatif khususnya di bidang animasi, untuk itu kami bekerja sama dengan SeCCon dengan harapan para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius karena peserta ini adalah yang terbaik yang dipilih dari seluruh pendaftar berdasarkan versi kita dan kriteria yang sudah ditentukan,” ucap Harjo.

Hal tersebut disampaikannya, mengingat jika peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini di tempat lain akan dibutuhkan biaya yang cukup besar, sedang dalam pelatihan ini peserta seperti mendapatkan beasiswa.

Disamping itu, peserta juga dilatih oleh instruktur yang berpengalaman di industri animasi, yang selanjutnya akan mengikuti uji kompetensi dan apabila mereka dinyatakan kompeten oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi mereka akan mendapatkan dua sertifikat, yaitu sertifikat mengikuti diklat dan sertifikat kompetensi dari  Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Demikian pula penjelasan dari Sekretaris SeCCon Fandhi Nugroho Lufti S ST juga menyampaikan tentang hal yang sama.

“Seccon memiliki target tujuan yang diharapkan oleh Pemerintah dapat memajukan industri digital di Kota Semarang. Dan Seccon dalam hal ini mewakili dari sektor animasi, film, game, konten dan ilusterasi. Namun karena di sektor-sektor tersebut Semarang masih belum muncul signifikan, SeCCon membentuk suatu forum yang didalamnya ada pelaku-pelaku industri seperti para pemilik atau founder studio–studio ilusterasi konten, animasi serta game,” tuturnya.

Selain itu, SeCCon juga menggandeng sekolah-sekolah SMK dan perguruan tinggi, untuk bisa mengembangkan SDM-SDM di bidang industri, serta bisa cepat meningkatkan akselerasi SDMnya. Untuk itu, maka SeCCon bermitra dengan BDI untuk memberikan pengetahuan yang spesifik, pungkasnya. (FAS)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message