Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Capoeira Unika Adakan Workshop dan Batizado

Capuera WorkshopUKM Capoeira Unika Soegijapranata mengadakan acara Capoeira Workshop pada hari Sabtu (28/5), bertempat di Gedung Sporthall Unika Soegijapranata. Acara ini digagas oleh pelatih UKM Capoeira Unika Mario dan anggota Capoeira  Unika lainnya, dengan tujuan  mengenalkan Capoeira di UNIKA dan memperdalam ilmu tentang Capoeira.
Acara diikuti oleh anggota UKM Capoeira Unika dan kalangan umum yang datang dari berbagai kota seperti Semarang, Solo, Surabaya, Jakarta. Acara workshop dihadiri oleh beberapa narasumber dari 2 kota  yaitu Surabaya dan Jakarta. Dari Kota Surabaya, narasumber yang hadir antara lain Dimas Dodot alias Encara Colado (keriting), Daviq dan Hadi. Sedangkan dari Jakarta narasumber yang hadir biasa dipanggil Odeo. Keempat narasumber merupakan petinggi di grup Capoeira Cordao dè Ouro Indonesia dengan pangkat instructor. Publikasi acara workshop Capoeira disebar melalui pamflet di lingkungan kampus Unika Soegijapranata untuk kalangan mahasiswa UNIKA sedangkan untuk umum acara diinformasikan melalui grup facebook Capoeira Cardao dè Ouro.
Acara workshop sendiri dibagi menjadi beberapa sesi dan di masing-masing sesi tiap instructor menyampaikan ilmunya antara lain gerakan dan teknik yang baru, latihan musik dan menyanyi lagu khas capoeira.
Capoeira sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang berasal dari Negara Brazil dengan menggabungkan beberapa unsur seperti beladiri, musik, tarian, akrobatik, dan ritual. Seperti olahraga seni beladiri lainnya, capoeira juga memiliki beberapa tingkatan dimana pada tingkat pemula yang disebut aluno (dengan sabuk berwarna hijau polos) dan secara berurutan untuk tingkat selanjutnya (warna sabuk): hijau kuning, kuning polos, kuning biru, biru yang biasa disebut instructor, ungu  yang disebut profesor, coklat pada contramestre, dan hitam pada tingkatan terakhir yang disebut mestre/ master.
Pada dasarnya olahraga seni beladiri capoeira tidak dipertandingkan dan dilombakan. Hal inilah yang membedakan seni beladiri capoeira dengan seni beladiri lainnya. Acara yang diadakan dalam seni beladiri lainnya hanya meliputi Workshop dan Batizado (ujian kenaikan tingkat) yang biasa diadakan per tahun.
Sejak tingkat pemula (aluno), para capoeirista( red: pemain capoeira) telah mendapat nama panggilan masing-masing dengan Bahasa Portugis yang merujuk pada kebiasaan sehari-hari dan kenampakan fisik. (Cal)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message