LKTL UNIKA SOEGIJAPRANATA 2022 SIAPKAN MAHASISWA UNTUK MENJADI PEMIMPIN YANG INOVATIF SERTA MELAYANI

Gambar 1. Foto bersama Panitia, Peserta dan Pendamping LKTL 2022 (dok:Panitia)

Latihan Kepemimpinan Tingkat Lanjut (LKTL) 2022 telah diselenggarakan pada hari Jumat, 20 Mei 2022 hingga Minggu, 22 Mei 2022 oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas bersama Pusat Pengembangan Kepribadian Mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata.  Kegiatan ini dilaksakanan secara luring di Rumah Retret KSED Bandungan, dengan peserta yang merupakan mahasiswa per fakultas di Universitas Katolik Soegijapranata.

LKTL merupakan program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas yang didampingi oleh Senat Mahasiswa Universitas dan Pusat Pengembangan Kepribadian Mahasiswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Latihan Kepemimipinan Tingkat Dasar yang telah dilaksanakan pada setiap fakultas yang ada di UNIKA Soegijapranata.

Gambar 2. Foto peserta LKTL saat sesi presentasi (dok:Panitia)

Materi-materi dari kegiatan ini disusun berbeda dengan LKTD yang diselenggarakan oleh Fakultas, dimana pada kegiatan ini mahasiswa lebih disiapkan untuk menghadapi perubahan organisasi, melalui pelatihan berpikir kritis, pembekalan dengan nilai-nilai Soegijapranata, pembekalan dengan semangat nasionalisme dan visi Indonesia, serta pembekalan mengenai wawasan global untuk menghadapi era disruptif.

Gambar 3. Foto Bapak Ferdinand saat memberikan materi (dok:Panitia)

LKTL 2022 ini mengusung tema “Menjadi Pemimpin yang Joyfull dan Sepenuh Hati” dengan tagline: Leadership Styles, Problem Solving & Decision Making, Building Community. Dalam pelaksanaanya panitia mengundang beberapa dosen hebat untuk menjadi pemateri dalam kegiatan ini, diantaranya adalah A. Ponco Hadi Heru C, S.Kom., Gabriel J.P. Ghewa, S.T., M.T., dan Dr. Ferdinandus Hindiarto S.Psi., M.Si.  Pada kesempatan tersebut, Bapak Alfon menguraikan materi mengenai model-model kepemimpinan yang melayani beserta dengan sifat-sifatnya, Bapak Gabriel menguraikan materi mengenai cara berpikir Kritis, Kreatif, Visioner dalam organisasi serta analisis situasi politik, sosial, ekonomi dan budaya. Sedangkan Bapak Ferdi memaparkan materi mengenai bentuk organisasi modern termasuk mengenai pengembangan organisasi serta manajemen konflik dan mengenai visi Indonesia masa depan.

Selain mendapat materi secara teoritis, peserta LKTL juga mendapat penugasan untuk mempraktikan materi tersebut dalam kegiatan action plan. Kegiatan action plan ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei 2022 – 27 Juni 2022 dan dilakukan oleh peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok untuk membuat suatu acara kecil sebagai wujud praktik pengembangan kegiatan dalam organisasi. Dalam kegiatan ini peserta merealisasikan acara dalam berbagai macam bentuk diantaranya adalah kegiatan Donor Darah, Seminar Kepemimpinan, Lomba mengolah limbah, Bakti Sosial Panti Asuhan dan pengembangan serta perluasan promosi UMKM di Kota Semarang.

Harapan panitia dari pelaksanaan rangkaian kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Lanjut adalah peserta dapat menerapkan pengetahuan teoritis dalam pengalaman praktis untuk melayani masyarakat dan sivitas akademika Unika Soegijapranata. Panitia juga berharap agar nantinya peserta-peserta Latihan Kepemimpinan Tingkat Lanjut ini dapat menjadi teladan kepemimpinan bagi mahasiswa UNIKA Soegijapranata, serta menjadi penerus pengurus organisasi mahasiswa UNIKA Soegijapranata baik sebagai eksekutor, legislator, maupun pengembangan minat bakat di tingkat program studi, fakultas, universitas, ataupun pada organisasi lain.  (#Fransiskus Adrian Krisnata)

 

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori

Share:

More Posts

Send Us A Message