VUJIF #6 Dari SSCC Untuk Mahasiswa/ Alumni Unika Soepra

Sejak tanggal 13 Juni selama 5 hari, SSCC atau Pusat Karir Mahasiswa-Alumni yang berada di bawah Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni telah menggelar even Job Fair Internal. Kegiatan yang dinamai Virtual Unika Job INTERNAL Fair ke6 ini menggaet 28 perusahaan swasta dengan jaringan lokal, nasional maupun multinasional.

Kegiatan yang diawali hari Senin, 13 Juni 2022 dibuka secara virtual oleh Rektor Unika Soegijapranata, Dr Ferdinan Hindiarto dengan menyampaikan pesan bahwa tatap muka sangat diperlukan dalam rekrutmen, sehingga nantinya Unika Soepra akan kembali mengadakan even Job Fair dengan suasana yang beda. Dimana SSCC akan bekerja sama dengan pusat lain di bawah Fakultas Psikologi yaitu Pusat Psikologi Terapan dalam memberikan layanan job fair yang kian menyeluruh. “Next, saat semua sudah kembali bergairah untuk bertemu, job fair unika akan bernuansa beda ya mbak Yuli (sebutan Kepala Pusat Karir) dan tetap menyediakan tempat bagi perusahaan yang berada jauh dari Unika untuk tetap berkontribusi. Hybrid dengan metode yang jauh berbeda, akan memberikan daya tarik yang berbeda bagi mahasiswa atau alumni Unika,” begitu tandas pak Ferdi.

Opening Rektor pada VUJIF6

Sedangkan Kepala SSCC menyatakan sukacita karena 28 perusahaan yang bermitra dalam even ini menyediakan lowongan kerja dengan posisi yang dibutuhkan hampir pada semua program study. “Ada lebih dari 250 posisi yang merupakan gabungan info lowongan kerja dari 28 perusahaan tersebut. Sangat gembira saya, karena setelah kami data hampir semua prodi dapat mengikuti even ini, hampir semua lulusan akan dapat mengambil bagian pada job fair kali ini. Namun demikian, tetap akan ada persaingan dalam meraih posisi yang diinginkan ya,” sambung bu Yoel, panggilan akrab beliau.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan EXPO yang menghadirkan HRD dari masing-masing perusahaan untuk dapat memperkenalkan perusahaan mereka dan menyampaikan posisi lowongan kerja. Selain itu, jobdes ataupun berbagai hal yang ditanyakan oleh audiens pada zoom meeting tersebut akan dijawab oleh perusahaan. Penataan EXPO Perusahaan ini adalah selama pukul 09.00, rehat pukul 12.30 dan dilanjutkan lagi pukul 13.00 – 15.00. Antusiasme audiens sangat mempengaruhi kemeriahan acara ini.

Pada hari berikutnya yaitu Selasa 14 Juni, EXPO perusahaan dilanjutkan dengan terlebih dahulu menggelar Talkshow Siapkerja yang menghadirkan perusahaan mitra yang tergabung pada VUJIF ini. Pada hari Selasa ini mengambil tema tentang Resiliensi. Dari Astra Honda Motor menyampaikan tentang segala hal tentang resilien jobseeker dalam menghadapi dunia kerja. Talkshow yang sangat menarik ini dipandu oleh Pieter dan Joy, yang tergabung dalam SoepraFM (sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa tentang broadcast, host, MC). Expo dilanjutkan setelah talkshow ini berakhir.

Hari Ketiga VUJIF kembali hadir dan Talkshow Siapkerja dengan tema ke-2 yang tak kalah menariknya. “PD Saat Job Interview” adalah tema besar yang ditawarkan oleh SSCC sebagai pemicu lulusan untuk lebih PD lagi saat job interview. Bersama nara sumber dari HR PT Djarum yaitu kak Selenia, audiens diajak untuk lebih confident dengan mempersiapkan diri pada mental dan juga persiapan fisik serta soft skills yang mendukung. Pada dasarnya, yang disampaikan oleh nara sumber ini diajarkan juga oleh tim Pelatihan Soft skills SSCC, aku bu Yoel, karena seminggu sebelumnya juga dibuka kelas offline bagi mahasiswa Unika untuk mendapatkan ketrampilan tersebut. Agil dan Hastin sebagai moderator dapat pula membawakan tiap pertanyaan dengan ceria dan lugas sehingga audiens larut dalam tiap sesi di talkshow ini.

Tak kalah menariknya dari hari pertama sampai hari ketiga, alumni Psikologi yang pada kali ini diberi kesempatan untuk menyampaikan Talkshow Siapkerja dengan topik “Jobseeker yang Dilirik HR”. Kak Cinta K Lidia yang study S1 dan S2 di Fakultas Psikologi Unika ini dapat menyampaikan materi dengan sangat enak ke audiens seputar membuat CV yang “melek”. Banyak pertanyaan yang muncul dan dijawab sehingga audiens sangat paham akan pembuatan CV. Sementara itu, moderator yang juga alumni Psikologi Unika, Maura P. Kisti, memandu kegiatan ini dengan tenang dan mampu menyampaikan pertanyaan yang sekiranya ditemui oleh yang bersangkutan karena berkaitan dengan dunia kerja, dimana juga tiap bulan menyeleksi lamaran kerja yang masuk ke Unika.


VUJIF ke6 ini berakhir pada hari Jumat tanggal 17 Juni 2022. Secara rundown kegiatan berhenti sampai hari Kamis, namun secara aplikasi VUJIF diakhiri pada tanggal 18 Juni 2022 pukul 00.00. Website jobfair.unika.ac.id ini dikunjungi lebih dari 1.600 visitors selama 5 hari dari 350-an mahasiswa/alumni Unika. Mahasiswa/Alumni ini juga diberi kesempatan untuk dapat melamar lebih dari 1 posisi pada satu perusahaan ataupun lain perusahaan. Memang kali ini, jobfair diadakan bagi mahasiswa/alumni Unika, sehingga analisa pasar juga untuk internal Unika saja. Harapannya, job fair Unika akan terus berlangsung untuk keberlanjutan kerjasama dengan duker ataupun mempertahankan visi misi SSCC bagi lulusan. (ssccyoel-jun)

 

VIDEO