COMMUNICATION FESTIVAL 2022 “Unity in Diversity of Indonesia (memandang keberagaman Indonesia: makanan, gaya bahasa, adat istiadat, pakaian adat, lagu daerah)”

Gambar 1.  Dokumentasi acara Talkshow bersama narasumber

 

Gambar 2. Dokumentasi di akhir acara bersama pemenang lomba, juri, dan dosen undangan.

Program kerja terakhir dan terbesar dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (HMPSIK) Universitas Soegijapranata Semarang periode 2021/2022, yakni bertema public speaking dengan judul Communication Festival 2022 “Unity in Diversity of Indonesia”. Public speaking dipilih sebagai tema pokok karena telah menjadi sebuah seni komunikasi tertua sejak zaman Yunani Kuno yang dipelajari oleh kaum sophis. Seni komunikasi tersebut semakin berkembang hingga menjadi keterampilan utama yang perlu diasah untuk menghadapi persaingan ketat era globalisasi. Bahkan seiring perkembangan zaman, public speaking menjadi suatu aktivitas seni yang dikemas lebih modern, unik, dan bersifat humoris. Aktivitas seni tersebut dikenal oleh masyarakat dengan nama standup comedy. Kemudian pada judul terdapat kalimat Unity in Diversity of Indonesia yang bermakna memandang keberagaman Indonesia dari makanan, gaya, bahasa, adat istiadat, pakaian adat, dan lagu daerah. Maka narasumber maupun peserta yang hadir untuk memeriahkan acara tersebut membahas mengenai keindahan Negeri Indonesia dalam kebhinekaan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 11 Juni 2022, pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB, yakni talkshow dan dua jenis lomba berupa pidato dan standup comedy. Pelaksanaan acara dilakukan secara offline di Ruang Teater, Gedung Thomas Aquinas lantai 3. Mengingat adanya transisi ke era new normal, panitia, narasumber, dosen undangan, dan peserta yang hadir tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.  Acara berlangsung dengan meriah karena dipandu oleh seorang MC bernama Agata Amadea dari mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2019.

Acara pertama sebagai pembuka Communication Festival 2022, HMPSIK menampilkan talkshow. Acara ini membahas topik diskusi mengenai public speaking yang santai namun menarik. Pokok bahasan dikupas secara mendalam yang dipandu oleh seorang moderator dari mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2019, yaitu Theresia Putri. Sebagai lawan bicara yang memberikan ilmu di dunia public speaking, terdapat narasumber pertama, yakni Benediktus Danang Setianto, S.H., LL.M., MIL., Ph.D. Beliau memiliki latar belakang pengalaman sekitar 21 tahun menjadi seorang penulis dan pembicara. Kemudian, narasumber kedua menghadirkan komika standup comedy Semarang yang bernama Arifin Prasetyo Wibawa. Acara talkshow ini dihadiri oleh 30 peserta.

Pada akhir acara talkshow terdapat sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber.  Antusias peserta cukup semangat mendengarkan talkshow hingga akhir sehingga terdapat enam peserta yang bertanya. Sebagai bentuk apresiasi kami terhadap mereka, HMPSIK memberikan hadiah berupa voucher OTI. Tidak hanya itu, bagi peserta dengan pertanyaan terbaik kami memberikan voucher OTI dan botol tumbler.

Selanjutnya, HMPSIK menggelar dua jenis lomba bertema public speaking, yaitu lomba pidato dan stand up comedy diikuti total oleh delapan peserta yang berasal dari satu siswa SMP, empat siswa SMA/SMK, dan tiga mahasiswa. Lomba pidato terdiri dari lima peserta, yakni :

  1. Pandu Yoga Dharma dari SMP N 22 Semarang
  2. Putea Choirina dari Unika Soegijapranata
  3. Florentina Agatha Putri dari SMA Kristen YSKI
  4. Erlia Alfiani dari Unika Soegijapranata
  5. Amanda Riska Zaini dari SMKN 6 Semarang

 

Sedangkan lomba standup comedy terdiri dari 3 peserta, yakni :

  1. Jason P. Lumbang Tobing dari SMA Kristen YSKI
  2. Ferdino Kinantyo Nugroho dari akumni SMA Terang Bangsa
  3. Timotius Bagus Djatmiko dari Unika Soegijapranata

 

Berbeda dengan acara talkshow, kami memilih dua dewan juri, yaitu Rotumiar Pasaribu, Ssi., M.I.Kom. sebagai juri pidato. Beliau merupakan dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unika Soegijapranata. Kemudian terdapat juri standup comedy yang bernama Arifin Prasetyo Wibawa selaku komika stand up comedy Semarang. Peserta pidato maupun standup comedy menampilkan di atas panggung secara kreatif, energik, dan meriah. Namun terdapat keputusan juri untuk memilih yang terbaik sebagai juara. Maka, pemenang lomba pidato Communication Festival 2022, yaitu :

  1. Amanda Rizka Zaini dari SMK N 6 Semarang
  2. Florentina Agatha Putri dari SMA Kristen YSKI
  3. Erlia Alfiani dari Unika Soegijapranata

 

Sementara itu, pemenang lomba standup comedy Communication Festival 2022, yaitu :

  1. Jason P. Lumbang Tobing dari SMA Kristen YSKI
  2. Timotius Bagus Djatmiko dari Unika Soegijapranata
  3. Ferdino Kinantyo Nugroho dari alumni Terang Bangsa

Pada hari pelaksanaan Communication Festival 2022 dapat berjalan dengan baik dan lancar bersama panitia, narasumber, juri, dan peserta karena persiapan dari kami yang cukup matang. Kerja sama dan komunikasi yang terjalin secara kompak menciptakan suasana harmonis sampai acara berakhir. Mencapai tujuan sesuai yang diharapkan berkat kepercayaan dan rasa saling mnghormati. (#Celikha Arti Oktaviani)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori

Share:

More Posts

Send Us A Message