Tim Kedaireka Unika Soegijapranata Kembangkan Sirup Herbal Kaya Vitamin dan Antioksidan

Mini Plant di Kampus BSB

Salah satu tim Kedaireka Unika Soegijapranata atau Soegijapranata Catholic University (SCU) mengembangkan sirup herbal yang bekerja sama langsung dengan PT Suka Sari Mitra Mandiri. Pengadaan program penelitian ini merupakan bagian dari kegiatan Matching Fund Kedaireka 2022 yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Bincan-bincang Tim Unika Soegijapranata dan PT Suka Sari

Tim Kedaireka ini terdiri dari Dr. Victoria Kristina Ananingsih S.T., M.Sc., Prof. Dr. Ir. Budi Widianarko M.Sc., Dr. Ir. Bernadeta Soedarni M.P., dan Dr. Dra. Alberta Rika Pratiwi M.Si.

Maka dalam kesempatan ini, Victoria Kristina dan tim mengadakan launching produk yang diselenggarakan di Kampus 2, Unika Soegijapranata, BSB City, pada (23/11). Dihadiri oleh Pengurus Yayasan Sandjojo, dosen, mahasiswa, alumni, pihak PT Suka Sari Mitra Mandiri, dan pemerintah daerah.

Kristina atau Tina panggilan akrabnya, menceritakan bahwa program ini juga melibatkan mahasiswa yang nantinya dapat menjadi wadah belajar serta tugas akhir.

Vita Syrup

“Kita ajak mahasiswa jumlahnya 15 karena untuk melakukan riset, dan ini juga dijadikan tugas akhir mereka. Jadi, ini hasil riset dosen dan mahasiswa,” jelasnya.

Melalui pembuatan sirup herbal mahasiswa tidak hanya mempelajari bagaimana prosesnya. Melainkan bisa juga memformulasikan, menganalisis nutrisi, perancangan, pengolahan limbah, menganalisa ekonomi, dan lainnya.

Sirup herbal ini diberi nama “Vita”. Artinya, sirup kaya vitamin dan antioksidan. “Kita buat sirup yang sehat. Ada tiga jenis (rosela, jahe talang, serai nipis). Kita tidak pakai gula pasir. Kita pakainya stevia dan sorbitol, dan sorbitol nya sudah food grade,” terangnya.

Dr. Victoria Kristina Ananingsih S.T., M.Sc.,

Tina menambahkan, PT Suka Sari Mitra Mandiri memberikan fasilitas alat mesin. Oleh karena itu, ia dan timnya akan membantu mengembangkan produk sirup-sirupnya serta memberikan solusi atas kendala terkait bahan baku.

Sementara, Achmad Baikuni dari PT Suka Sari Mitra Mandiri menyampaikan adanya kerja sama antara industri dan akademisi saling menguntungkan. Maka pemberian instalasi mesin ini berguna untuk sarana pembelajaran kepada mahasiswa Unika Soegijapranata terkait dengan industri yang sebenarnya.

“Sehingga harapannya, ada sinergi kerja sama yang nantinya sama-sama bisa menguntungkan seperti kita melakukan riset bersama, uji coba di lab. Unika dengan alat yang komplit. Kemudian, mungkin dari sisi Unika bisa memberikan mahasiswa yang terbaik kepada industri. Kalau dari sisi Sukasari, perusahaan kami bisa lebih berkembang,” ungkapnya.

[Humas Unika Soegijapranata/Dim]

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori

Share:

More Posts

Send Us A Message