Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Workshop SCU Fair; Pendampingan dalam Pengelolaan Stres Bagi Siswa dan Perancangan Materi Pembelajaran Bagi Guru

Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Universitas Katolik Soegijapranata menyelenggarakan Workshop bertajuk “Pendampingan dalam Pengelolaan Stres Bagi Siswa dan Perancangan Materi Pembelajaran Bagi Guru” di Ruang Theater, Gedung Thomas Aquinas (TA), Lantai 3, Kampus 1 SCU Bendan. Workshop ini adalah salah satu rangkaian acara Open House “SCU Fair”. Selain Workshop, SCU Fair juga dimeriahkan mulai dari Education Expo, Cosplay Competition, dan Kompetisi E-Sport Mobile Legends.

Workshop ini menghadirkan Dr. Uswatun Hasanah, S. Pd., M. Pd., selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, dan Dr. Augustina Sulastri, S. Psi., selaku salah satu Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi SCU sebagai narasumber.

Sama-sama sebagai seorang praktisi dan akademisi di dunia pendidikan, Uswatun dan Sulastri menegaskan bagaimana pentingnya membuat lingkungan yang baik untuk para siswa peserta didik yang dapat membuat mereka terus mempunyai keinginan dan motivasi belajar. Sulastri juga menjelaskan model-model pembelajaran yang dapat digunakan para audiens yang mayoritas adalah guru Bimbingan Konseling (BK) dan Kepala SMK dan SMA baik negeri maupun swasta di Kota Semarang kepada peserta didik. Diantaranya adalah model belajar inquiry, cooperative learning, dan experiental learning. Khususnya cooperative learning model jigsaw yang menerapkan home group dan expert group, dimana peserta didik yang tergabung dalam satu kelompok yang membahas berbagai macam topik dapat mengulik informasi khusus dari kelompok-kelompok yang lebih kecil. Metode ini sangat disarankan bagi siswa kelas 12 baik SMA dan SMK yang dipersiapkan untuk Perguruan Tinggi dan dunia kerja.

Dr. R. Probo Y Nugrahedi, S. TP., M. Sc., selaku Wakil Rektor SCU Bidang Kerjasama dan Pengembangan Bisnis berharap kegiatan ini menjadi awal kerjasama SCU dengan sekolah-sekolah, juga dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kapasitas bukan hanya dalam pengetahuan, melainkan juga pendidikan karakter dan bagaimana menjadi pribadi yang utuh. Probo juga menjelaskan bagaimana SCU menempatkan pendidikan sebagai bagian dari pembentukan karakter seorang pemimpin, salah satunya adalah memimpin diri sendiri. [Humas SCU/Hil]

Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Acara yang Lain:

VIDEO