Soegijapranata Student Career Center (SSCC) Soegijapranata Catholic University (SCU) memberikan workshop membuat CV, memperkuat LinkedIn, dan kiat mengikuti wawancara kerja kepada mahasiswa SCU pada pada Sabtu, 7 Juni 2025 di Gedung Mikael, Kampus 1 SCU Bendan. Workshop tersebut merupakan rangkaian pembuka dalam Seminar Economic and Business Education (Ecocation) 2025 yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEMF-EB) SCU pada 21 Juni 2025.
Trainer sekaligus Kepala SSCC SCU Yuliana Sri Wulandari, SE menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja. Dalam hal ini, khususnya membangun personal branding guna mendukung karier mereka. “Personal branding tidak hanya dibentuk melalui IPK atau pengalaman organisasi, tetapi juga dari bagaimana mahasiswa menampilkan dirinya melalui CV, LinkedIn, hingga cara menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja,” ujarnya.
Mendukung hal tersebut, Yuliana berkesempatan melatih mahasiswa dalam teknik penyusunan CV dan strategi membangun personal branding melalui LinkedIn. Para peserta juga ia siapkan untuk menghadapi wawancara kerja, termasuk cara menjawab pertanyaan dengan efektif tanpa terlalu banyak basa-basi. “Banyak mahasiswa belum memahami bahwa CV bukan sekadar daftar pengalaman, melainkan representasi profesional yang harus disusun secara strategis. LinkedIn pun bukan hanya media sosial biasa, melainkan platform penting untuk memperluas jejaring dan menunjukkan portofolio,” terang Yuliana.
Total ada lebih dari 25 mahasiswa yang antusias mengikuti workshop ini. “Materi yang disampaikan sangat berguna sebagai bekal menghadapi dunia kerja. Ilmu yang disampaikan juga sangat membuka wawasan dan membantu saya menyusun rencana karier sejak dini,” ujar salah satu peserta.
Ecocation 2025
Narasumber yang akan hadir pada Seminar Ecocation 2025 mendatang adalah Tan Kresna Bayukencana Adisatria, SE, CA, alumnus FEB SCU yang kini menjadi Lead Senior di salah satu Big 4 Accounting Firm serta Maura Emillia Kirana, content creator yang akan membahas personal branding dari perspektif media sosial.
Yuliana berharap kegiatan semacam ini dapat terus dikembangkan agar mahasiswa SCU semakin siap menghadapi tantangan dunia profesional. “Dengan pemahaman yang baik tentang personal branding, mahasiswa akan lebih percaya diri dan mampu bersaing di pasar kerja yang dinamis,” pungkasnya.