Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

SCU Gelar Open House Bertajuk SCU Fair 2023

SCU Gelar Open House Bertajuk SCU Fair 2023Hadir kembali sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Tengah, Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata menyelenggarakan acara Open House bertajuk “SCU Fair” di Kampus 1 SCU, Bendan Dhuwur, Semarang.

Kegiatan yang sebelumnya bernama OPENIKA ini diselenggarakan setiap tahun untuk mendekatkan diri pada calon mahasiswa baru agar lebih mengenal kampus SCU sebagai kampus swasta pilihan nomor satu di Jawa Tengah.

SCU Fair dimeriahkan dengan Education Expo atau Pameran Pendidikan yang diselenggarakan di Gedung Sport Hall. Pameran ini menghadirkan 10 booth fakultas yang dimiliki SCU. Selain itu, juga terdapat booth International Corner. Dalam booth ini pengunjung dapat memperoleh informasi tentang International Undergraduate Program (IUP) atau program sarjana internasional, serta memberikan pengalaman internasional dengan menyediakan kostum dari berbagai negara yang dapat dijajal oleh para pengunjung.

Wakil Rektor SCU Bidang Kerjasama & Pengembangan Bisnis, Dr. R. Probo Y Nugrahedi, S.TP., M.Sc menjelaskan IUP mengusung atmosfer internasional dengan menggunakan pengantar bahasa inggris pada seluruh mata kuliah yang ditempuh. “Perlu mendatangkan dosen-dosen, tamu dan hasil kerjasama (SCU dengan perguruan tinggi luar negeri) … , untuk membantu mengajar,” jelas Probo. Selain itu, IUP juga mewajibkan mahasiswanya untuk eksposisi ke luar negeri dalam jangka waktu tertentu, “Apakah itu dalam bentuk perkuliahan dengan kampus-kampus partner, atau internship, yang nanti kreditnya bisa kita akui,” tambah Probo. Dalam kurikulumnya, IUP juga menambahkan General Education (Gen-Ed), yaitu perkuliahan tentang people skill, sustainability and happiness, global citizenship and cultural intelligence, dan science, technology, and society. Probo menjelaskan, “Gen-Ed memberikan materi-materi yang menurut kami semakin melengkapi sosok lulusan nanti menjadi full person. Jadi kita menggunakan konsep full person education atau edukasi manusia seutuhnya.” Saat ini, IUP menawarkan International Class Program pada Program Studi Food Technology and Innovation, Big Data Analytics and AI, Global Architecture, Visual Interactive Design, English and Creative Industries, dan International Accounting.

Pameran Pendidikan ini juga menyediakan beragam informasi dan konsultasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB), Beasiswa, dan potongan biaya pendaftaran hingga 100%, yang bisa diperoleh dalam acara ini. Probo menjelaskan beasiswa pendaftaran yang ditawarkan SCU diantaranya Program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Prestasi berdasarkan rapor, Beasiswa Laudato Si untuk Program Rekaya Infrastruktur Lingkungan (RIL) dan Program Studi Teknologi Energi, Beasiswa Paroki, serta Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Kepala Unit Pelaksanaa Teknis (UPT) Promosi dan Rekrutmen Mahasiswa, A. Ponco Hadi Heru C, S.Kom, MM juga menambahkan adanya Beasiswa Prestasi Olahraga bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang olahraga basket, sepak bola, dan bulu tangkis.

Pameran Pendidikan juga dimeriahkan dengan pemberian beasiswa senilai Rp 10.000.000,-/orang yang akan diberikan kepada pemenang kompetisi E-Sport Mobile Legends yang juga ikut memeriahkan acara ini. Selain beasiswa, pemenang kompetisi ini juga akan mendapatkan total hadiah sebesar Rp2.250.000,00.

Selain kompetisi E-Sport Mobile Legends, SCU Fair 2023 juga dimeriahkan Cosplay Competition atau Kompetisi Cosplay, serta DJ Joshua dan Luna Gravity sebagai Bintang Tamu utama. SCU juga telah mempersiapkan total hadiah sebesar Rp 4.000.000,00 kepada para pemenang.

Kegiatan ini tidak hanya dipersembahkan bagi calon mahasiswa, melainkan juga melibatkan berbagai sekolah untuk pengembangan diri. Salah satu rangkaian acara tersebut adalah workshop bertajuk “Perancangan Materi Pembelajaran Bagi Guru dan Pendampingan dalam Pengelolaan Stres Siswa.” Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Theater, Gedung Thomas Aquinas (TA) Lantai 3. Salah satu dosen Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi SCU, Dr. Augustinia Sulastri, S. Psi dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Dr. Uswatun Hasanah. S. Pd., M. Pd. didatangkan ke workshop ini sebagai narasumber.

SCU Fair 2023, tidak saja membuka pintu bagi pengunjung muda penuh kreativitas, namun juga diperuntukkan bagi masyarakat luas yang ingin melihat lebih dekat dengan SCU. [Humas SCU/Hil]

Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Acara yang Lain:

VIDEO