Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

SCU Bersama Keuskupan Agung Semarang Dorong Pribadi Katolik Unggul lewat KAS Youth Day 2023

Sebagai bentuk kehadiran gereja sebagai teman seperjalanan para orang muda katolik (OMK), bekerja sama dengan Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata, Keuskupan Agung Semarang (KAS) menyelenggarakan KAS Youth Day 2023 pada Minggu, 2 Juli – Selasa, 4 Juli.

Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 500 perwakilan Organisasi Pelajar Katolik (OPK) di KAS ini juga merupakan bentuk dukungan untuk Indonesia Youth Day (IYD) 2023 yang telah diselenggarakan di Palembang pada 26-30 Juni lalu.

Sebelumnya, SCU bersama KAS juga menyelenggarakan pra event berupa Mini Concert dan Workshop Paduan Suara yang berlangsung di : 1. SMA Regina Pacis Ursulin Solo pada 21 Mei; 2. Gereja Katolik Santo Yusup (Gereja Jago) Ambarawa pada 28 Mei; 3. Gereja Katolik Paroki Stella Maris Pluit Jepara pada 4 Juni; dan; 4. Gereja Katolik Santo Mikael Panca Arga Magelang pada 11 Juni. Selain itu, kegiatan ini juga diramaikan dengan festival film pendek dan kompetisi foto.

Mengangkat tema “Hoi Aristoi :Menjadi Unggul,” kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan wadah bagi para OMK untuk berdinamika bersama dalam mengembangkan keunggulan dan talentanya.

Untuk mencapai hal tersebut, kegiatan ini menghadirkan workshop tentang “100% Indonesia 100% Katolik,” “Self Made Decisions,” sampai Literasi Digital.

“Sebagai universitas katolik, kami ingin mendukung gereja, men-support gereja, terutama anak-anak muda (OMK) dalam mengembangkan talentanya,” ujar Dr. Ferdinandus Hindiarto, S.Psi., M.Si., selaku Rektor SCU. Mengingat semboyan SCU, “Talenta Pro Patria Et Humanitate,” yang berarti “talenta terbaik untuk bangsa dan kemanusiaan.”
Semboyan SCU ini diingatnya juga sebagai salah satu bentuk dari pesan Uskup Pribumi pertama, Mgr. Albertus Soegijapranata, “100% Katolik 100% Indonesia.”

“Jadi bukan hanya 100% (penuh) katolik, melainkan juga 100% Indonesia (cinta tanah air) karena mengingat kita juga punya rumah di Indonesia, dilahirkan dan tumbuh besar di Indonesia,” tegasnya.

KAS Youth Day berkesempatan menghadirkan Halius Ndaru atau kerap disapa Ndarboy Genk sebagai salah satu OMK. Dalam kegiatan ini, Ndarboy berkesempatan membagikan kisahnya dalam mencapai kesuksesan berkancah di dunia hiburan, dan nantinya akan ditutup dengan Misa Akbar yang akan dipimpin oleh Bapa Uskup Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Pr.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media untuk mengkolaborasikan berbagai sumber daya serta talenta yang dimiliki untuk mempersiapkan pribadi OMK yang unggul dengan memberikan pengalaman serta exposure dan insight baru. [Humas SCU/Hil]

Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Acara yang Lain:

VIDEO