Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Mengasah dan Mempertajam Keterampilan Dosen melalui Teaching Capacity Building (TCB)

Unika Soegijapranata melalui Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) merancang Teaching Capacity Building (TCB) yang memfasilitasi para dosen dalam berproses menyiapkan diri dan mengembangkan diri secara profesional dalam perannya sebagai seorang pendidik.

Teaching Capacity Building (TCB) merupakan salah satu program unggulan Unika Soegijapranata yang dibagi menjadi tiga fase yaitu TCB 1 bagi para dosen muda sebagai bentuk pembekalan, TCB 2 untuk dosen dengan masa kerja 15 tahun ke bawah, dan TCB 3 untuk dosen dengan masa kerja lebih dari 15 tahun.

Baru-baru ini LP3 menyelenggarakan kegiatan Teaching Capacity Building (TCB) 3 bagi Dosen yang telah mengajar lebih dari 15 tahun. Kegiatan diadakan pada Rabu 8 Februari 2023 di ruang Theater Lantai 3, Gedung Thomas Aquinas Soegijapranata Catholic University (SCU). Kegiatan TCB 3 ini menghadirkan fasilitator Prof. Dr. Anita Lie, M.A, Ed.D dari Unika Widya Mandala. Teaching Capacity Building (TCB) 3 mengusung tema “EXPERT: Experience & Professional Development to Enlarge Teaching Capacity”.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi yaitu Reflective Session yang mengajak peserta berefleksi atas tugas panggilannya sebagai seorang pendidik. Para dosen diminta untuk memberikan respon reflektif atas testimoni mahasiswa.

Sesi berikutnya adalah Refreshing Session dengan narasumber Prof. Dr. Anita Lie, M.A, Ed.D dari Universitas Widya Mandala, Surabaya.

Kepala Lembaga Pengembangan, Pengkajian, dan Pendidikan, Dr. Heny Hartono, S.S., M.Pd. sebagai penyelenggara kegiatan TCB menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan program penyegaran sekaligus sebagai bentuk professional development training untuk para dosen yang ada dalam posisi middle atau senior faculties.

“Kegiatan TCB bertujuan untuk meningkatkan dan membangun kapasitas mengajar. Sebelumnya Unika Soegijapranata telah menghadirkan TCB 1 untuk dosen baru sebagai pembekalan. Kini kita juga menghadirkan TCB 2 dan TCB 3 untuk dosen yang lebih senior,” tutur Heny Hartono.

Prof. Dr. Anita Lie, M.A, Ed.D sebagai nara sumber menyampaikan materi dengan metode induktif sebagai feedback atas refleksi para peserta terkait teaching skills, attitude, dan knowledge dalam andragogy yang disampaikan terlebih dahulu oleh peserta melalui google form.

Dalam kegiatan ini, Rektor Unika Soegijapranata juga menyampaikan perlunya para dosen untuk terus mengasah diri sebagai dosen yang berkualitas. [Humas SCU/Kris]

Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
This error message is only visible to WordPress admins
HTTP Error. Unable to connect to the Instagram API. Feed will not update.

Acara yang Lain:

VIDEO