Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Memasuki Masa Pra-Paskah, Civitas SCU Ikuti Misa Rabu Abu

Memasuki masa Pra-Paskah segenap umat Kristiani mengawalinya dengan Perayaan Rabu Abu. Segenap civitas Soegijapranata Catholic University (SCU) mengadakan Misa Rabu Abu, pada Rabu, 22 Februari 2023 pukul 12.00 WIB di Kapel Ignatius. Misa Rabu Abu ini dipimpin oleh Romo Sebastianus Prasetya Aditama Pr dan Konselebran Romo Benedictus Ndiu, SVD.

Misa Rabu Abu ini untuk memperingati hari Pra-Paskah yang jatuh pada hari rabu pertama dalam masa 40 hari menjelang paskah. Perayaan Rabu Abu juga menjadi permulaan bagi umat Kristiani untuk memasuki masa pantang dan puasa.

Dalam perayaan Misa Rabu Abu ini, ibadah dilakukan dengan adanya mengoleskan abu dari daun palma ke dahi yang berbentuk tanda salib, kemudian akan dilanjutkan melakukan perjamuan kudus.

Romo Sebastianus Prasetya Aditama, Pr atau yang akrab disapa Romo Pras mengajak setiap umat Katolik yang hadir untuk melaksanakan puasa dan menjalankan hak serta kewajiban secara seimbang.

“Jangan-jangan kita jadi orang njelehi (menyebalkan) di hadapan Tuhan. Kita itu sebagai umatnya selalu menuntut hak-hak tanpa melakukan kewajiban. Salah satu kewajiban kita yaitu ke gereja seminggu sekali, sebagai orang Katolik kita itu berpuasa 2x dalam setahun, melakukan pengakuan dosa, dsbnya” tutur Romo Pras.

Dalam penutup homilinya, Romo Pras menuturkan “Semoga di masa Prapaskah ini, kita bertobat untuk menjadi pribadi yang tidak hanya menuntut hak di hadapan Tuhan tapi juga menjalankan kewajiban sebagai anaknya,” tutup Romo Pras. [Humas SCU/Kris]

Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO