Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Wisudawan Unika Soegijapranata Diminta Kembangkan Talenta untuk Bangsa dan Manusia

Beritasatu 10_12_2017 Wisudawan Unika Soegijapranata Diminta Kembangkan Talenta untuk Bangsa dan Manusia

Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata Romo Aloysius Budi Purnomo Pr mengharapkan para wisudawan/wisudawati Unika Soegijapranata mengembangkan talentanya untuk bangsa dan sesama manusia,

Romo Budi mengungkapkan hal tersebut dalam doanya pada acara Wisuda Periode III Unika Soegijapranata, Sabtu (09/12/2017) di Kampus Unika Soegijapranata Semarang.

“Dua hal utama kami syukuri pada hari ini. Pertama kami bersyukur sebab telah menerima Surat Keputusan dari Dikti tentang pembukaan Prodi S-3 Ilmu Lingkungan yang akan dimulai pada tahun ajaran 2018-2019 mendatang.

Kedua, pada hari ini, Rektor kami, Prof Dr Frederik Ridwan Sanjaya, MSIEC akan mewisuda 316 putri-putra-Mu yang telah berhasil menyelesaikan studi mereka di Unika Seogijapranata Semarang.

Semoga mereka para wisudawan mengembamgkan seluruh talenta dan bakat mereka bagi bangsa dan umat manusia sesuai dengan motto universitas kami: Talenta pro Patria et Humanitate.

Semoga mereka menjadi pribadi-pribadi yang mampu mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat dan bangsa kami yang sejahtera, bermartabat dan beriman apa pun agama dan kepercayaannya,” kata Romo Budi dalam doanya.

Selain berdoa Romo Budi juga mengucapkan selamat pada para wisudawan/wisudawati serta proficiat dan selamat kepada Unika Soegijplapranata atas akan dibuka dan dimulainya Program Studi S-3 Ilmu Lingkungan.

Tiga Sambutan
Setelah doa Romo Budi, acara wisuda dilanjutkan dengan tiga sambuta. Pertama, sambutan wakil wisudawan yang disampaikan Agnes Kristi Utami dari Prodi Akuntansi. Ia mengajak rekan-rekannya untuk memaknai kembali Universitas Katolik Soegijapranata sebagai salah satu PTS terbaik yang menjadi pilihan.

Agnes mengenang saat-saat mengikuti PTMB (Pembinaan Terpadu Mahasiswa Baru) yang menggembirakan sebagai awal dinamika proses pembelajaran di Unika Soegijapranata. Agnes bilang, PTMB Unika Soegijapranata sangat unik, tidak seperti OPSPEK di universitas lain sebagaimana dia dengar dan baca, melainkan unik dan menggemberikan, Mahasiswa diajak untuk mengenal kampus dengan segala visi dan misinya.

Kecuali itu, Agnes menyebutkan satu harapan disampaikan Utami agar para wisudawan menjadi negarawan yang paham masalah masyarakat, mengerti masalah bangsa, berani berbuat lebih baik untuk bangsa apa pun pilihan hidupnya nanti. Perlu pula untuk terus mengasah keahlian dalam pola pandang yang holistik.

Dengan terbata-bata dan tetes air mata haru, Agnes Kristi Utami menyampaikan sambutannya. Hadirin pun merespon dengan tepuk tangan. Bahkan petugas dari Senat Mahasiswa yang duduk di samping mimbar pun memberikan tisu untuk mengusap tetes air mata harunya. Adegan ini pun membuncahkan aplaus yang spontan.

Kedua, sambutan alumni disampaikan oleh Pratiwi Wini Artati SS M.Ed yang disampaiakan secara unik. Pertama, sambutan disampaikan dalam bahasa Inggris. Sambutan disampaikan melalui rekaman video dari tempat saat ini Tiwi sedang mengikuti program studi PhD di Victoria University of Wellington, New Zealand.

Tiwi adalah alumna Unika Soegijapranata 2000-2004. Tiwi mengajak para wisudawan untuk selalu membuka perspektif untuk berkembang dalam hidup. Dia juga mengajak agar para wisudawan tetap mengeksplorasi diri semaksimal mungkin. Dia juga mengajak para wisudawan tetap connect dengan almamater.

Ketiga, sambutan Rektor, Prof Ridwan mengingatkan pentingnya interaksi yang semakin optimal setelah kelulusannya. Jangan biarkan almamater sebagai masa lalu semata. Kemajuan teknologi dan sistem informasi universitas mesti menjadi rumah bersama juga bagi para alumni.

Guru Besar di bidang sistem informasi itu mengatakan, dengan wadah yang dapat saling menginspirasi untuk berbagi dan tidak berjarak dengan lulusannya. "Rumah bagi Alumni" dalam wujud teknologi ini akan menjadi kekuatan bagi universitas untuk berbuat lebih baik dalam menghadapi era perubahan dan menghubungkan alumninya dengan kesempatan-kesempatan baik di masyarakat.

Dalam paradigma itu, maka Unika Soegijapranata meluncurkan aplikasi "Halo Alumni". Rumah alumni bisa menjadi mutual benefit dan menghasilkan inspirasi serta gagasan kreatif yang potensial untuk pengembangan diri dan masyarakat. Alumni juga memberi makna positif bagi universitas dalam rangka crowdfunding yang bermanfaat serta membangun jejarik kerja.

“Itulah beberapa pokok gagasan yang menarik untuk dikembangkan bersama dalam rangka mengembangkan bakat dan talenta untuk kepentingan bangsa dan manusia sebagaimana tampak dalam sambutan-sambutan yang disampaikan dalam acara Wisuda Periode III, 09 Desember 2017, Unika Soegijapranata Semarang. Semoga bermanfaat pula bagi kita semua dan menginspirasi kehidupan kita,” kata Romo Budi.

(►http://www.beritasatu.com)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message