Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Walikota Ambon Apresiasi Festival Pelestarian Budaya Lokal

Walikota mengapresiasi pelaksanaan Festival Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (FPPM) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata-Semarang, pada lima desa di kota Ambon yang digelar secara hybird (On site dan Virtual) di ruangan Vlisingen Balai kota Ambon, Selasa (28/12).

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutan pada puncak FFPPM Unika Soegijapranata- Semarang mengatakan, identitas jati diri bangsa merupakan salah satu kekuatan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan yang harus dilestarikan.

Menurutnya penting dilakukan, dalam rangka mengantisipasi terdistorsi jati diri bangsa seiring dengan derasnya informasi dan kemajuan teknologi dari luar saat ini.

Diakui aktor utama dalam proses globalisasi masa kini adalah negara-negara maju yang berupaya mengekspor nilai-nilai lokal di negaranya untuk disebarkan ke seluruh dunia sebagai nilai-nilai global.

“Hal itu mudah bagi negara maju, karena mereka menguasai arus teknologi informasi dan komunikasi lintas batas negara dan bangsa, sebaliknya pada saat yang sama, negara-negara berkembang seperti Indonesia tidak  mampu menyebarkan nilai-nilai lokalnya karena daya saing yang rendah”ujarnya.

Diungkapkan fenomena anak usia sekolah yang senang dengan budaya modern lewat aplikasi media sosial,menjadi kewaspadaan untuk mengangkat dan melestarikan budaya lokal guna memperkuat rasa kecintaan budaya lokal bagi para generasi muda.

Oleh sebab itu Louhenapessy memberikan apresiasi kepada Unika yang menggelar pengabdian masyarakat dalam upaya pelestarian budaya lokal yang menjadi bagian integratif dalam pelajaran muatan lokal pengetahuan tradisional di sekolah dasar di kota Ambon.

“Dengan mengintegrasikan budaya lokal ke dalam pelajaran muatan lokal di sekolah, diharapkan jati diri bangsa dan negeri adat akan tetap lestari dan terjaga serta selalu dikembangkan teruatam generasi muda”ungkap Walikota

Ia menembahkan pembangunan budaya yang berkarakter untuk penguatan jati diri sebagai local wisdom, dapat dijadikan sebagai dasar pijakan dalam penyusunan strategi dalam pelestarian dan pengembangan budaya lokal pada negeri-negeri adat di kota Ambon.

►https://radiodms.com/walikota-ambon-apresiasi-festival-pelestarian-budaya-lokal/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message