Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Unika Tambah Doktor Ilmu Lingkungan, Aloysius Budi Purnomo Teliti Ekoteologis Interreligius

Unika Soegijapranata Semarang menambah Doktor baru di bidang ilmu lingkungan.

Hal ini setelah Aloysius Budi Purnomo menyelesaikan studinya pada Program Doktor Ilmu Lingkungan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unika Soegijapranata.

Sidang terbuka ujian disertasi Aloysius Budi Purnomo dilaksanakan pada Jumat 21 Januari 2022 dengan judul penelitian “Model Kepemimpinan Ekoteologis Interreligius Sesuai Ensiklik Laudato Si’ Dalam Konteks Komunitas Pegunungan Kendeng Utara”.

“Temuan riset ini mencakup empat hal. Pertama, adanya kesesuaian ekoteologis interreligius dengan ensiklik laudato si’ sebagai konsep yang sejalan demi merawat bumi. Yaitu dengan melibatkan semua orang tanpa memandang agama dan kepercayaan,” kata Aloysius Budi Purnomo.

Cakupan lain dari hasil temuan riset ini yakni konsep ekoteologis interreligius yang sesuai dengan ensiklik laudato si’ memiliki relevansi sebagiamana empat elemen yang muncul.

Salah satunya hadirnya pemimpin interreligius yang ramah dan peduli lingkungan sesuai ajaran agama dan kepercayaan masing-masing.

Kemudian adanya semangat juang dari Komunitas Pegunungan Kendeng Utara dalam merawat bumi.

“Temuan riset ini juga mencakup hal lain, seperti pembelaan dan penghormatan terhadap komunitas ini serta peneguhan pergerakan Gunritno dan komunitasnya demi merawat bumi yang tereksploitasi,” ungkapnya.

Aloysius Budi Purnomo menjalani sidang terbuka disertasi di Unika Soegijapranata  di hadapan sejumlah penguji internal dan eksternal.

Sebagai penguji internal di antaranya Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto, Ketua Program Doktor Ilmu Lingkungan Unika Soegijapranata, Prof Andreas Lako, sedangkan penguji eksternal Dr Budi Subanar.

Adapun sebagai pembimbing atau promotor dan kopromotor masing-masing Prof Budi Widianarko dan Dr Cecilia Titiek Murniati.

►https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-042432450/unika-tambah-doktor-ilmu-lingkungan-aluysius-budi-purnomo-teliti-ekoteologis-interreligius?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message