Pages

Unika Soegijapranata Semarang Perkenalkan Tiga Terobosan Baru

image

Unika Soegijapranata, di Kota Semarang, Jawa Tengah baru baru ini melaunching tiga terobosan baru yang salah satunya untuk meningkatkan layanan baik kepada mahasiswa aktif maupun alumni. Tiga terobosan tersebut yakni layanan HaNi Reborn, Sista dan Palapa

Rektor Unika Prof Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC mengatakan HaNi atau Halo Alumni sebenarnya sudah ada sejak lama dan berbentuk aplikasi Android yang berisi layanan berkas-berkas akademik sekaligus fasilitas untuk donasi, wirausaha, dan berbagi lapangan kerja yang dikembangkan beberapa tahun yang lalu khusus untuk alumni Unika Soegijapranata agar dapat saling berbagi berita.

"Namun HaNi Reborn kini menjadi berbasis website yang bisa diakses melalui ponsel, tablet, laptop, maupun komputer desktop. Fungsi-fungsi yang ada pada HaNi Reborn adalah Social Media Like (interaksi menambah teman yang telah mempunyai akun), Posting (memposting berita dan gambar), Automated News yang terhubung dengan website unika.ac.id, Alumni book and metamorphosis (buku alumni, yang isinya dapat dibuat sendiri oleh alumni serta dapat dibagikan kepada public atau hanya kepada list teman yang telah ditambahkan), dan Community (membuat komunitas yang nantinya dapat diikuti oleh user lainnya)," kata Prof Ridwan, secara daring melalui zoom, di Kota Semarang, Jumat (19/3).

Sementara terobosan Sista adalah singkatan dari Smart Internship System Unika Soegijapranata. Aplikasi ini untuk menjembatani program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya dalam hal kegiatan magang di perusahaan. Melalui aplikasi ini perusahaan dapat  menggunakan rekam jejak mahasiswa yang ada pada sisi akademik maupun kemahasiswaan dari semester awal, untuk memilih dan menentukan mahasiswa yang dapat magang di perusahaan mereka.  "Demikian pula sebaliknya, mahasiswa pun dapat memilih perusahaan dan lowongan magang yang diminati sesuai dengan latar belakang program studi mereka dan preferensi fasilitas yang disediakan," ungkapnya

Adapun terobosan ketiga adalah Palapa atau Portal Layanan Perpustakaan yaitu aplikasi peminjaman buku cetak secara online yang dapat diakses melalui Sintak oleh civitas akademika Unika Soegijapranata. Melalui Palapa ini koneksi antara perpustakaan Unika dengan pengguna layanannya menjadi lebih mudah terutama di saat pandemi, baik dalam proses peminjaman buku (terintegrasi dengan jasa kurir ataupun secara langsung) maupun dalam hal pengembaliannya (melalui dropbox) secara real-time terkoneksi ke sistem perpustakaan

Prof Ridwan menerangkan Ketiga terobosan tersebut bertujuan untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa maupun alumni serta semangat “UnikaConnect” yang dicanangkan oleh rektorat Unika.

"Tentunya juga dalam rangka menghubungkan segala kebaikan dan potensi di dalam Unika dengan stakeholder di sekelilingnya," tandas dia

sumber: https://kuasakata.com/read/berita/28661-unika-soegijapranata-semarang-perkenalkan-tiga-terobosan-baru

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp