Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Unika Soegijapranata Gelar Festival Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Ini Tujuannya!

Unika Soegijapranata menggelar Festival Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) pada Selasa (28/12). Festival ini diharapkan bisa memberikan hal yang positif untuk masyarakat.

Rektor Unika Soegijapranata Ferdinandus Hindiarto menuturkan festival ini merupakan wujud nyata tugas dan tanggung jawab Unika yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan menyebarluaskannya. Tujuannya yakni demi makin baiknya kehidupan manusia.

“Ini tugas yang katanya klise tapi maknanya dalam. Kalau universitas tidak bisa mengembangkan ilmu, universitas sudah mati. Universitas tidak hanya bicara soal dana dan jumlah mahasiswa,” kata Ferdi.

Pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan kata dia, ada dua aras. Yang pertama aras ilmiah. Aras ini dikembangkan dan disebarluaskan untuk kalangan tertentu seperti akademisi.

Arah kedua yakni pengabdian masyarakat. Melalui cara ini, kata dia, para dosen memberikan ilmu yang telah dimilikinya.

“Maka terkait dengan itu, dalam kepemimpinan saya, ada wakil rektor bidang Inovasi, Riset dan Publikasi. Pejabat ini harus bertanggung jawab pada dua aras ini,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjutnya, program ini dieksekusi oleh Biro LPPM Unika.

“melalui LPPM Ini, riset dan pengabdian perlu ditata. Festival ini sebagai titik awal untuk mengajak para dosen di Unika untuk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang ada dua aras,” terang dia.

Adapun kata dia, pengabdian masyarakat yakni ada lima PPM, diantaranya yakni pengabdian masyarakat terkait implementasi pendidikan kebudayaan lokal untuk anak SD di Ambon. Hasilnya sudah menjadi modul. Tahun depan modul ini sudah akan diajarkan.

Ada juga yakni terkait perhutanan sosial, kerjasama dengan Batik Jawa Tengah, kerjasama dengan petani Jagung di Jatirejo Gunungpati Semarang soal produksi jagung.

Sementara penelitiannya yakni soal Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Sementara, Wakil Rektor Unika bidang Inovasi, Riset dan Publikasi; Robertus Setiawan Aji Nugroho menuturkan melalui Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, pihaknya berusaha drkat dengan masyarakat.

# https://kuasakata.com/read/berita/44666-unika-soegijapranata-gelar-festival-penelitian-dan-pengabdian-masyarakat-ini-tujuannya

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message