Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Unika Bekali Mahasiswa Baru dengan Kegiatan ATGW

Unika Soegijapranata kembali selenggarakan kegiatan Arising The Grateful Winner (ATGW) guna membekali para mahasiswa baru (Maba) dalam mendesain masa depannya yang diwujudkan selama kuliah di Unika. Acara ini awalnya diprakarsai oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan saat itu (tahun 2005) yaitu Ferdinandus Hindiarto yang saat ini menjabat sebagai Rektor Unika Soegijapranata.
Acara ini diselenggarakan secara online dan terus dilaksanakan menjadi event tahunan kampus Unika Soegijapranata sebagai lanjutan dari kegiatan PTMB (Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru). Melalui sambutannya pada saat mengawali kegiatan ATGW ini, Rektor Unika, Ferdinand, kembali menekankan arti pentingnya memiliki sebuah cita-cita profesi, “Pada dasarnya ATGW diselenggarakan supaya mahasiswa memiliki visi dalam hidupnya untuk mempersiapkan dan meraih masa depan sesuai dengan apa yang mereka harapkan,” papar Ferdinand.
Secara keseluruhan, mahasiswa di Unika Soegijapranata diajak dan ditantang untuk menjadi Soegijapranata Muda yang ‘Hoi Aristoi’, yaitu anak muda yang menguasai ilmu (pintar) sekaligus memiliki integritas moral dan kematangan pribadi (berkarakter). Sehingga, diharapkan nantinya bisa menjadi leader di manapun mereka berkarya. Dengan kata lain, seorang mahasiswa Unika harus memiliki gardskill dan softskill yang kuat dan balance. Hardskil bersifat akademis, seperti perkuliahan, praktikum di laboraturium, mengerjakan tugas, dan sebagainya. dengan cara tersebut mahasiswa bisa menguasai dan terampil dalam keilmuan sesuai bidang masing-masing.
Di samping itu, softskill juga diperlukan, karena melalui ini mahasiswa akan belajar mengenai interpersonal skill atau belajar membangun relasi dengan orang lain. Interpersonal skill dapat diartikan sebagai terampil mengelola diri masing-masing. Sedangkan gabungan dari hardskill dan softskill tadi adalah kompetensi. Dalam prosesnya, tak mudah menjadi ‘Hoi Aristoi’, untuk mengatasinya ada beberapa hal yang harus diketahui, diantaranya adalah memiliki kesadaran bahwa masing-masing mahasiswa memiliki ‘talent’ atau bakat.
Talenta harus dikembangkan (Self Development) melalui berbagai macam kegiatan di kampus, baik berupa talenta keilmuan, talenta berelasi, talenta di bidang olah raga atau seni, dan yang lainnya. Untuk itu, Unika memfasilitasi para mahasiswanya untuk mengembangkan diri, “Hal lainnya, juga perlu motivasi dan networking atau jejaring yang luas dan kuat untuk bisa meraih apa yang dicita-citakan.” Tandas Rektor Unika yang dikenal dengan slogannya, ‘Inflamare Humanitatem’ ini.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Pusat Pengembangan Kepribadian Mahasiswa (PPKM) Unika Soegijapranata, Bartolomeus Yofana Adiwena, menjelaskan mengenai pelaksanaan ATGW 2021. Acara ini diselenggarakan selama empat minggu, terhitung sejak 7 Februari hingga 5 Maret 2022 dan terbagi menjadi delapan gelombang, masing-masing terdiri atas delapan kelas. Sehingga, total terdapat 64 kelas dan diikuti oleh sekitar 1400 mahasiswa Angkatan 2021 yang akan masuk ke semester II.
Kegiatan ATGW ini terbagi menjadi dua kegiatan besar, yaitu kegiatan pelatihan tentang bagaimana Menyusun mimpi dengan nilai-nilai KKPVT (Kreatif, Kritis, Peduli, Visioner dan Tangguh) kemudian kegiatan selanjutnya yaitu action plan yang bertujuan untuk melatih KKPVT para mahasiswa dalam bentuk pengabdian masyarakat dengan tidak menggunakan uang pribadi mahasiswa untuk kegiatan tersebut.
“Para peserta ATGW saya harapkan dapat sukses sesuai dengan keinginan masing-masing dan tentunya kegiatan ATGW yang sudah dipersiapkan sebaik mungkin ini bisa lebih memantapkan motivasi dengan didukung dengan nilai-nilai KKPVT. Sehingga diharapkan para mahasiswa dapat mengikuti dengan optimal, fokus, dan sepenuh hati dengan tidak meninggalkan semangat joyful learning.” Ujar Bartolomeus Yofana Adiwena.
“Bagi teman-teman Supervisor dan Trainer yang menjadi fasilitator dalam kegiatan ini, semoga kita semua bisa menjalankan semua yang kita persiapkan dengan baik semoga bisa menghasilkan sesuatu yang baik dan bisa berjalan dengan baik.” Tambahnya.

# https://mediaini.com/info-terkini/2022/02/14/70919/unika-bekali-mahasiswa-baru-dengan-kegiatan-atgw/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message