Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Terima Kunjungan SD Kanisius Kurmosari Semarang, Unika Harap Siswa Kenali Sosok Soegijapranata

SD Kanisius Kurmosari Semarang mengunjungi museum Unika Soegijapranata. Dalam kunjungan tersebut, rombongan SD Kanisius Kurmosari yang diwakili oleh Kepala SD Kanisius Kurmosari Katharina Ika Wardhani SPsi beserta siswa yang tergabung dalam Rescue Team  mendapat penjelasan dan wawasan tentang sosok pahlawan nasional Mgr Albertus Soegijapranata yang menjadi patron Unika Soegijapranata.

Kunjungan tersebut disambut oleh Ketua The Soegijapranata Institut (TSI) Rikarda Ratih Saptaastuti S Sos MIKom beserta tim TSI lainnya di ruang Teater Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata. Kunjungan ini salah satunya dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-93 Sumpah Pemuda.

“Kami dari TSI memang ingin membagikan nilai-nilai Mgr Soegijapranata yang kita gali dari dokumen-dokumen beliau. Dan nilai-nilai Mgr Soegijapranata itu sampai saat ini masih relevan untuk diimplementasikan,” papar Ratih, Sabtu (6/11/2021).

Pihaknya mengaku sangat bahagia sekali karena siswa siswi SD Kanisius Kurmosari tampak sangat antusias ketika mendengarkan penjelasan dan tayangan film tentang Mgr Soegijapranata. Ia berharap nilai-nilai Mgr Soegijapranata seperti nilai-nilai religiusitas, kepedulian, kejujuran, kedisiplinan, kepemimpinan serta nilai-nilai lainnya, dapat dimengerti sejak dini.

“Harapannya dengan kegiatan kunjungan ini, akan semakin banyak anak-anak yang mengenal sosok Mgr Soegijapranata ini. Dan kami dari TSI Unika juga sedang memprogramkan kegiatan yang akan memperkenalkan museum Mgr Albertus Soegijapranata yang terletak di lantai 3 gedung Thomas Aquinas ini, dalam bentuk offline maupun online dengan menggunakan teknologi digital seperti  museum virtual,” jelasnya.

Sementara Kepala SD Kanisius Kurmosari Katharina Ika Wardhani menyampaikan pula maksud kunjungan ke Museum Soegijapranata.

“Kami prihatin dengan kondisi anak-anak saat ini yang kurang paham tentang sejarah. Maka dengan ‘langkah kecil’ yang bisa kami lakukan untuk anak-anak ini, semoga mereka akan lebih terbuka wawasannya tentang sejarah,” ucapnya.

Salah satu ‘langkah kecil’ itu adalah pihaknya mengajak anak-anak untuk berkunjung ke museum Mgr Albertus Soegijapranata, supaya lebih mengenal sosok Pahlawan yang masih asing bagi mereka.

Sekaligus karena tahun ini adalah tahunnya Ignatian, maka lpihaknya mengaitkan dengan sosok Ignatian yang ada di Indonesia yang ternyata sangat dekat dengan siswa siswa yaitu Mgr Albertus Soegijapranata.

“Kami ajak perwakilan anak-anak dari sekolah kami yang tergabung dalam wadah Rescue Team, dan memang jumlah peserta yang mengikuti kunjungan ini kami batasi mengingat harus mengikuti prokes. Selanjutnya dari Rescue Team ini akan membuat karya tulis dan akan dipresentasikan kepada teman-temannya yang lain di sekolah secara online,” pungkasnya.

►https://kuasakata.com/read/berita/41560-terima-kunjungan-sd-kanisius-kurmosari-semarang-unika-harap-siswa-kenali-sosok-soegijapranata

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message