Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Terima Hibah dari Kementerian, Unika Soegijapranata Semarang Pacu Program MBKM

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata mendapatkan hibah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). “Ditjen Diktiristek menyeleksi ribuan perguruan tinggi swasta (PTS). Dan yang terpilih adalah 104 PTS, salah satunya adalah Unika Soegijapranata,” kata Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Unika Soegijapranata, Dr Heny Hartono, Jumat (24/12/2021).

Dia menjelaskan penghargaan ini dalam rangka memperkuat kegiatan Merdeka Belajar Kamus Merdeka (MBKM) yang merupakan program dari Kemendikbudristek. Heny bersyukur Unika mendapatkan hibah untuk implementasi MBKM. Hal ini merupakan upaya dalam merespon program pemerintah serta memenuhi kebutuhan mahasiswa dan masyarakat.

Dalam program MBKM ada kegiatan pengabdian masyarakat yang berdasarkan hasil riset. Tentunya, ini dilakukan dengan tujuan yang bermuaranya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Dengan terpilihnya Unika Soegijapranata, maka hal tersebut menjadi peluang bagi Unika untuk mendapatkan insentif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari implementasi kebijakan MBKM,” ujarnya.

Sebenarnya Unika Soegijapranata juga sudah menyelenggarakan kegiatan yang program-programnya mirip dengan MBKM itu. Hanya saja, belum diikutkan dalam MBKM milik pemerintah.

Didapatkannya hibah ini, dharapkan akan semakin mendorong Unika untuk mengembangkan penelitian. Pihaknya juga sedang menata program-program terkait implementasi MBKM.

Unika pun mengadakan penelitian yang bertujuan untuk melihat bagaimana dampak implementasi MBKM terhadap kurikulum, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan metode mengajar yang bisa mengakomodasi MBKM.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Untuk metode kuantitatif sesuai dengan instrumen yang disiapkan pemerintah.

Sedangkan metode kualitatif dilakukan dengan forum group discussion yang melibatkan mahasiswa, ketua program studi (kaprodi), dan alumni.

“Apabila data sudah terkumpul dan dianalisa serta hasilnya bisa mengkonfirmasi data yang kami dapat dari data kualitatif, maka kami dapat memberikan beberapa rekomendasi untuk kebijakan yang akan diberlakukan di Unika Soegijapranata khususnya yang terkait dengan implementasi MBKM,” jelasnya.

# https://jateng.tribunnews.com/2021/12/24/terima-hibah-dari-kementerian-unika-soegijapranata-semarang-pacu-program-mbkm?page=all.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message