Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Teliti Perilaku Ramah Lingkungan Siswa Sekolah, Susana Adi Astuti Raih Gelar Doktor

Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unika Soegijapranata Semarang menyelenggarakan Ujian Terbuka Disertasi Promosi Doktor dengan Promovenda Susana Adi Astuti S Pi MM MSi, di ruang Teater gedung Thomas Aquinas, Selasa (22/3/2022).

Dengan topik perilaku ramah lingkungan untuk anak SMA di sekolah adiwiyata (sekolah yang berbasis lingkungan) di kota Semarang, Susana Adi Astuti yang mengawali studi S-3 mulai bulan Juli 2019 di PDIL Unika Soegijapranata, dalam disertasinya mengupas tentang “Pengaruh kecerdasan eksistensial, kepribadian dan determinasi motivasi diri terhadap perilaku ramah lingkungan, dengan perilaku terencana sebagai pemediasi”.

Dalam penelitiannya, Susana menyampaikan semakin meningkat kecerdasan eksistensial peserta didik maka semakin meningkat pula perilaku ramah lingkungannya. Begitu juga dengan respon dari variabel kepribadian dan motivasi determinasi diri, terbukti berpengaruh positif terhadap perilaku ramah lingkungan.

“Kepribadian dengan tipe ENTJ (ekstrover intuitif thinking judging) yang dikenal sebagai sosok ekstrovert yang tegas, berjiwa pemimpin, percaya diri, visioner, dan blak-blakan, ENFP (ekstrover intuitif feeling perceiving) atau kepribadian yang sangat suka mengumpulkan ide-ide positif yang bisa mencerminkan harapan dan niat baiknya terhadap orang lain, ESFP (ekstrover sensing feeling perceiving) sebagai pribadi yang ramah dan punya banyak teman, INFP (introver intuitif feeling perceiving) yaitu sosok introvert yang cenderung memiliki sifat peduli dan suka membantu orang lain, dan ISTJ (introver sensing thinking judging) atau merupakan kepribadian yang hangat, penuh kasih sayang, dan memiliki integritas, berlaku rendah hati dan dapat memahami orang lain” ujarnya.

Lima tipe kepribadian tersebut, tambah Susanna, mampu mengembangkan diri sebagai pemimpin lingkungan, karena dari 16 tipe kepribadian hanya lima di atas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku ramah lingkungan.

Sedang untuk motivasi determinasi diri, peserta didik sebagai pemimpin lingkungan mampu mengembangkan motivasi intrinsik yang merupakan motivasi kuat bagi otonomi diri dalam membentuk perilaku ramah lingkungan. Faktor-faktor tersebut diperkuat dengan mediasi dari perilaku terencana yaitu sikap, norma subjektif, perceived behavior control (kontrol perilaku dari para siswa) serta intensi dari peserta didik yang memberikan efek mediasi secara signifikan pada perilaku ramah lingkungan.

“Hasil penelitian ini bisa diaplikasikan dalam kebijakan yang diambil sekolah dalam mendukung ekoliterasi. Ekoliterasi juga membutuhkan peserta didik yang mempunyai kecerdasan eksistensial, motivasi determinasi diri yang tinggi, serta tipe kepribadian yang sesuai. Namun ketiga hal tersebut, akan semakin berkembang ketika ada variabel yang memediasi yaitu sikap, norma subjektif, kemudian kontrol diri dari siswa tersebut serta intensi” ujar Susanna.

Sementara itu Ko-promotor Susana Adi Astuti yaitu Dr Margaretha Sih Setija Utami MKes menyampaikan ada kebaharuan dalam penelitian Susana Adi Astuti. Bu Susana dianggap berani mengeksplore tentang Theory of Planned Behavior dan menambahkan variabel lain yaitu tentang intelgensi, kepribadian, kemampuan motivasi untuk menentukan diri sendiri.

Kelebihan lainnya, Susana Adi Astuti bisa menerapkan ilmu psikologi untuk perilaku lingkungan pada siswa-siswa SMA, yang menurut Ko-promotor merupakan sesuatu yang bagus dan menunjukkan perbedaan perilaku para siswa dari sekolah-sekolah adiwiyata dengan yang bukan.

Dr Susana Adi Astuti pada hasil ujian promosi doktor dinyatakan lulus dan tercatat sebagai Doktor ke-4 yabg dihasilkan Unika Soegijapranata serta sebagai perempuan pertama yang diluluskan PDIL Unika. Promotornya adalah Alm Prof Dr Andreas Lako dan KoPromotor Dr Margaretha Sih Setija Utami MKes, diuji oleh tim penguji yang diketuai Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPSi MSi, Sekretaris Penguji Dr Florentinus Budi Setiawan MT, serta penguji internal Prof Dr Y Budi Widianarko MSc dan Dr Tukiman Taruno Sayogo serta penguji eksternal Prof Dian Ratna Sawitri SPSi MSi PhD (Undip). (Sgi)

# https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/teliti-perilaku-ramah-lingkungan-siswa-sekolah-susana-adi-astuti-raih-gelar-doktor/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message