Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Soal Kuliah Tatap Muka, Ini Kata Rektor Unika Soegijapranata

Semester Genap 2021/2022 sudah dimulai. Unika Soegijapranata menetapkan kebijakan untuk menyelenggarakan Pertemuan Tatap Muka (PTM). Banyak yang setuju dan tidak sedikit yang kontra. Terlanjur nyaman dengan aktivitas online dan kekhawatiran dengan COVID-19 menjadi alasan utama Civitas Akademika Unika Soegijapranata ragu dalam penyelenggaraan PTM ini.

Lalu bagaimana sebenarnya pelaksanaan PTM di Unika Soegijapranata? Untuk menjawab rasa penasaran maka inilah jawaban Rektor Unika Soegijapranata, Dr. Ferdinand Hindiarto:

Mengapa Unika Soegijapranata merasa perlu menyelenggarakan kuliah secara offline?

Alasan formal adalah mengikuti arahan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti) yang tertuang dalam keputusan Dirjen Dikti Nomor 2/E/KPT/2022.

Alasan lain, karena pendidikan tidak hanya transfer pengetahuan, pendidikan adalah proses yang utuh. Ada interaksi antar manusia, dari sinilah mahasiswa belajar empati, kerjasama, mendengarkan, menyelesaikan konflik dan masalah. Itu semua dapat terjadi dalam PTM bukan dari belajar secara online.

Tidakkah Unika Soegijapranata merasa takut dengan penyelenggaraan tatap muka ini?

Tidak ada alasan untuk takut. Sudah saatnya untuk PTM karena jumlah masyarakat yang divaksin sudah tinggi. Dalam situasi ini justru harus bisa menghadirkan harapan baru.

Belajar online dalam dua tahun terakhir bukan waktu yang sebentar. Ada risiko learning loss sangat tinggi yang berdampak pada kualitas kompetensi lulusan. Hal ini yang lebih penting.

Bukan tidak memikirkan risiko keselamatan, tetap yang utama, tetapi bisa dikelola dan diminimalisir salah satunya dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Apa saja yang telah disiapkan Unika Soegijapranata untuk pelaksanaan PTM ini Pak?

Semua sudah disiapkan, dalam berbagai bidang. Ada 5 aspek yang disiapkan untuk menunjang berlangsungnya PTM.

Bidang Akademik bertugas operasional yang berkaitan dengan administrasi akademik mahasiswa. Bidang Sistem dan TI yang mendata siapa yang masuk kampus dan kuota mahasiswa per kelas. Bekerja sama dengan bidang TI, bidang Sarpras menyiapkan peralatan yang mendukung kegiatan hybrid learning, ruang isolasi mandiri bagi yang membutuhkan, serta memonitor kapasitas ruang yang digunakan selama PTM.

Bidang Kesehatan menyiapkan tata laksana tracing dan tindakan bila terdapat temuan kasus positif. Juga bekerjasama dengan bidang Kemahasiswaan mengadakan tim Jogo Konco, terdiri dari teman-teman mahasiswa yang membantu pelaksanaan prokes dalam PTM termasuk jika ada yang tidak pakai masker dan berkerumun. Serta menerapkan Mas Ngawi, masker, ngadoh, wijik.

Semua dipersiapkan secara maksimal. Minggu pertama perkuliahan sebagai minggu adaptasi. Hari pertama ada kerumunan karena mahasiswa banyak yang belum tahu kelasnya. Keunikan terjadi ketika Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain turun langsung membantu mengarahkan mahasiswa, tidak tahunya yang diarahkan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni karena satu gedung., Tetapi belum tahu ruangannya, menjadi wajar karena dua angkatan belum pernah ke kampus.

 

Soal Kuliah Tatap Muka, Ini Kata Rektor Unika Soegijapranata

Perkuliahan di Unika Soegijapranata. Foto: dok. Unika Soegijapranata

Bagaimana prosedur yang harus dilakukan mahasiswa untuk bisa mengikuti PTM?

Langkah awal adalah upload bukti vaksin 1 dan 2 serta izin orang tua pada sintak. Kemudian untuk dapat masuk kampus mahasiswa mengisi self assessment yang berisi gejala kesehatan terkini, riwayat kontak, dan riwayat mobilitas serta melakukan cek suhu yang terdapat di pintu gedung. Bila suhu tidak normal maka melaporkan diri ke klinik kampus.

Kita harus memastikan yang masuk kampus dalam kondisi sehat. Dalam sistem masuk.unika.ac.id, tidak dapat login bila tidak upload bukti vaksin. Dalam PTM ini mahasiswa juga berlatih menjadi pribadi yang jujur. Jujur bila tidak enak badan maka tidak memaksakan diri untuk masuk, ya sudah kuliah online saja, masih difasilitasi dengan hybrid learning, agar tidak menjadi sumber penularan.

Adanya PTM memungkinkan mahasiswa juga beraktivitas lain di luar kuliah (diskusi, berorganisasi, makan, dll). Bagaimana memastikan bahwa mahasiswa aman dari COVID-19?

Tentu kedisiplinan teman-teman mahasiswa menjadi kunci. Ada 2 tanggung jawab, individu dan sosial. Di kampus menjadi tanggung jawab institusi, tetapi bila di luar kampus atau perkuliahan tentu menjadi tanggung jawab individu. Sebagai manusia dewasa tentu mahasiswa tidak perlu dipantau terus menerus.

Langkah apa yang harus dilakukan apabila mahasiswa terpapar COVID-19?

Yang pertama pasti akan dites, kemudian dilacak yang kontak erat. Kontak erat di tracing dan dites. Penghentian aktivitas bersifat lokal, tidak dihentikan semua, dilokalisir. Kemudian sesuai SOP, maka dikarantina, sesuai hasil tes. Terakhir exit test, apabila sudah negatif maka normal kembali.

Terakhir, bagaimana dengan mahasiswa yang bersikukuh untuk tidak mengikuti PTM?

Tidak apa-apa bila tidak mau PTM. Saya tidak akan memaksa bila ada orang tua yang belum mengizinkan. Namun apabila ada kendala jaringan, tidak bisa bertemu teman-teman untuk mengerjakan tugas, ya itu konsekuensi atas sebuah pilihan. Hanya ini adalah semester terakhir, karena semester depan akan mutlak tidak ada tawar menawar. Kita harus kembali berorientasi pada kualitas pendidikan.

Nah, itulah jawaban Rektor Unika Soegijapranata untuk yang masih ragu dengan penyelenggaraan PTM ini. Siap tidak siap, proses pembelajaran perlu adanya perjumpaan langsung. Tetap jaga kesehatan bersama dan sampai bertemu di Unika Soegijapranata.

# https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5988086/soal-kuliah-tatap-muka-ini-kata-rektor-unika-soegijapranata.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message