Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Sinta Nuriyah Wahid Singgah di Pastoran Unika Soegijapranata

Dra Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid MHum selaku isteri mendiang Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid, berkesempatan singgah di Pastoran Johannes Maria Unika Soegijapranata, belum lama ini.

”Kunjungan tersebut selain dimaksud untuk bersilaturahim tetapi juga dalam rangka program ‘Ibu Sinta Menyapa’ yang pelaksanaannya dimulai dari Ciganjur ke Bandung, selanjutnya ke Purwokerto. Dalam kunjungan berikutnya sebelum menuju ke Pati, beliau berkesempatan singgah di Pastoran Unika Soegijapranata,” jelas Romo Dr Aloysius Budi Purnomo Pr selaku Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata, Rabu 20 April 2020.

Romo Budi menjelaskan dalam kunjungan tersebut Ibu Hj Sinta Nuriyah Wahid beserta rombongan diterima oleh Romo Aloysius Budi Purnomo beserta Wakil Rektor Inovasi Riset dan Publikasi Unika Soegijapranata Robertus Setiawan Aji N ST MComIT PhD, Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah KH Taslim Syahlan, perwakilan FKUB dari berbagai agama dan kepercayaan, serta dari Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jawa Tengah, beberapa dosen maupun tenaga kependidikan Unika Soegijapranata, juga tamu undangan lainnya, termasuk kaum Duafa.

“Program ini murni dari beliau untuk program ‘Ibu Sinta Menyapa’ yang berisi tiga hal, yaitu yang pertama beliau berpesan bagi umat Islam berpegang setialah pada rukun Islam, yang kedua adalah mengenai rukun kebangsaan yang mengacu Pancasila sebagai dasar negara, dan yang ketiga adalah rukun kesehatan, artinya dalam masa pandemi kita mematuhi prokes 5 M dan memastikan sehat dengan menerima vaksin,” ungkap Romo Budi.

Dalam kesempatan tersebut selain silaturahim, acara dilanjutkan dengan dialog yang didalamnya terdapat sharing dan pertanyaan dari Ketua FKUB, Ketua Gusdurian, dan dari Persaudaraan Lintas Agama (PELITA) Kota Semarang, serta dari Romo Budi sendiri tentang rukun menjaga keutuhan ciptaan dan kelestarian lingkungan hidup.

Menanggapi kunjungan Ibu Hj Sinta Nuriyah Wahid, Romo Aloysius Budi Purnomo menangkap ada beberapa hal yang penting yaitu kunjungan Ibu Hj Sinta Nuriyah Wahid sebagai suatu kehormatan. Selama hampir 20 tahun semenjak masih menjabat sebagai Ibu Negara, Ibu Hj Sinta Nuriyah Wahid secara konsisten dan setia, telah melakukan kunjungan ke seluruh Indonesia pada setiap bulan Ramadhan untuk menyapa anak bangsa.

Dan terkait program ‘Ibu Sinta Menyapa’ akan dilaksanakan tidak dalam rangka sahur dan buka saat ramadhan tetapi kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahun. Sebagai test case yang pertama dipilih 10 tempat yang dikunjungi salah satunya adalah di Pastoran Johannes Maria Unika Soegijapranata, ucap Romo Budi.

”Di sisi lain, saya juga mengagumi atas komitmen beliau untuk ikhlas dan tawakal, yaitu dalam kondisi sekarang masih terus menyapa anak bangsa. Hal tersebut menjadi pembelajaran bagi saya,” jelasnya.

”Sedang sebagai Imam Katolik di Unika Soegijapranata, kunjungan beliau kita rasakan sebagai berkah, sekaligus berarti bahwa Unika Soegijapranata tidak eksklusif tetapi mau bekerja sama, terbuka dan menerima siapa pun,” imbuhnya.

Romo Budi menambahkan, Ibu Hj Sinta Nuriyah Wahid juga punya prinsip yang sama yaitu inklusif, yaitu membangun dan mewujudkan persaudaraan, maka kampus Unika Soegijapranata juga terbuka bagi siapapun, tanpa melihat agama dan kepercayaan seseorang.

“Visi Mgr Soegijapranata juga terjawab yaitu visi kebangsaan dan religiusitas. Religiusitas dihadirkan melalui sosok-sosok agama yang sesuai agama masing-masing, tetap tekun beriman dan membangun wawasan nasionalis kebangsaan,” tandas Romo Budi.

#https://www.ayosemarang.com/semarang-raya/pr-773239063/sinta-nuriyah-wahid-singgah-di-pastoran-unika-soegijapranata

 

 

 

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message