Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Selamat! Romo Budi Raih Gelar Doktor Ilmu Lingkungan berkat Disertasi Kepemimpinan Agama di Kendeng

Pastor Keuskupan Agung Semarang, Romo Aloysius Budi Purnomo, meraih gelar doktor Ilmu Lingkungan dari Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Unika Soegijapranata Semarang pada Jumat (21/1/2022).

Pastor Kepala Kampus Ministry Unika Soegijapranata ini memperoleh gelar doktor usai mempertahakan disertasi berjudul “Model Kepemimpinan Ekoteologis Interreligius Sesuai Ensiklik Laudato Si’ dalam Konteks Komunitas Pegunungan Kendeng Utara”.

Dalam penelitian disertasinya, penulis dan kolumnis sejumlah surat kabar nasional ini menjelaskan, kepemimpinan intereligius merupakan kepemiminan bersama semua agama dan kepercayaan termasuk agama adat.

“Fokus penelitian saya terkait kepemimpinan intereligius yang berjuang menjaga keutuhan ciptaan dan menjaga kelestarian lingkungan,” kata Romo Budi dalam pesan tertulis, Minggu (23/1/2022).

Tim penguji terdiri dari Dr Ferdinandus Hindarto (Rektor/Ketua Penguji), Prof Andreas Lako (Kaprodi/ Sekretaris), Romo Dr Subanar (Universitas Sanata Dharma/ Penguji Eksternal), Romo Dr P Paulus Wiryono (Penguji Internal), Dr Margaretha Sih Utami (Penguji Internal), Dr Cecilia Murniati (Kopromotor), dan Prof Dr Budi Widianarko (Promotor).

Romo Budi menuturkan, dalam penelitiannya, dia menemukan dua hal. Pertama, adanya kesesuaian ekoteologis interreligius dengan ensiklik Laudato Si’ sebagai konsep yang sejalan demi merawat bumi. Yakni, melibatkan semua orang tanpa memandang agama dan kepercayaan. Lalu, terkait eco-theologist. Artinya, satu sikap dasar yang ramah dan peduli lingkungan sesuai ajaran agama dan kepercayaan masing-masing.

“Semua agama sepakat agar alam atau lingkungan tetap dijaga, bukan dirusak,” ucapnya. Pada ujian terbuka disertasi itu, sejumlah tokoh lintas agama dan kepercayaan turut hadir. Begitu juga dengan tokoh-tokoh masyarakat Samin dari Blora dan Pati, yang merupakan bagian dari kawasan Pegunungan Kendeng Utara.

Romo Aloysius Purnomo dinyatakan lulus dengan nilai A. Dengan demikian, Indeks Prestasi Akademik (IPK) Romo Budi adalah 4,0. Adapun waktu studi yang ditempuh adalah 2 tahun 5 bulan.

“Harapannya, hasil riset yang telah menjadi buku disertasi ini bermanfaat bagi siapa saja, di mana saja, untuk melayani Sang Pencipta, sesama manusia, dan alam semesta,” imbuhnya. Ia bergabung menjadi mahasiswa PDIL Unika Soegijapranata pada Agustus 2019. Romo Budi adalah Doktor Ilmu Lingkungan ke-3 dari PDIL Unika Soegijapranata.

Sebagai informasi, Romo Budi lahir di Wonogiri pada 14 Pebruari 1968. Ia merupakan pastor Katolik dan pegiat interreligius, keadilan, perdamaian, dan keutuhan ciptaan. Romo Budi juga merupakan Youtuber. Ketua Komisi Keadilan, Perdamaian, dan Keutuhan Ciptaan Kevikepan Semarang ini juga budayawan dan seniman produktif (penyanyi lagu-lagu rohani).

Romo Budi juga peniup saksofon yang mahir. Karenanya, di akhir ujian terbuka, Romo Budi menyanyikan lagu ciptaannya, yakni Kuasa-Mu Sempurna (1996) dengan diiringi gitar dari Erwin Ardian (Pemimpin Redaksi Tribun Jateng), biola dari Gunawan Permadi (Pemimpin Redaksi Suara Merdeka), lalu keyboard yang dimainkan Tiwik dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

► https://banyumas.tribunnews.com/2022/01/23/selamat-romo-budi-raih-gelar-doktor-ilmu-lingkungan-berkat-disertasi-kepemimpinan-agama-di-kendeng?page=all.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message