Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Robiyanto Jadi Doktor Baru Ilmu Lingkungan Pertama PDIL Unika Soegijapranata Semarang

Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Unika Soegijapranata menyelenggarakan ujian terbuka untuk pertama kalinya dengan promovendus Robiyanto.

Ujian Terbuka yang dilakukan secara kombinasi daring dan luring ini dilaksanakan di gedung Albertus Unika Soegijapranata, Sabtu (16/10/2021).

Ketua sidang yakni Rektor Unika Soegijapranata, Dr Ferdinandus Hindiarto serta promotor Prof Andreas Lako dan Kopromotor Dr Angelina Ika Rahutami.

Disertasi Robiyanto berjudul ‘Konstruksi Model Relasi Kepemimpinan Spiritual dengan Perilaku Peduli Lingkungan dan Kinerja Perusahaan’.

“Pergeseran paradigma telah mendorong kebutuhan adanya kepemimpinan yang lebih menyeluruh dan memadukan aspek kemanusiaan seperti aspek fisik, mental dan emosional serta spiritual,” kata Robiyanto, dalam pesan tertulis.

Jenis baru paradigma perusahaan yang berbeda secara radikal daripada model birokrasi yang telah ada menjadi sangat dibutuhkan.

Organisasi pembelajaran yang baru ini akan memiliki ciri-ciri pola pikir dan aspirasi bersama yang baru dimana individu diberdayakan untuk mencapai visi organisasi.

“Melalui penelitian yang saya lakukan dalam disertasi yang menggunakan metode kuantitatif ini, disimpulkan hanya kepemimpinan spiritual yang dapat mengintegrasikan keempat aspek yang terdiri dari fisik, mental, emosional dan spiritual,” terangnya.

Kepemimpinan spiritual dapat memahami makna dan tujuan bersama dari para pengikut-pengikutnya. Sehingga, dapat menghasilkan komitmen organisasional dan produktivitas.

Dan hasil studi menunjukkan adanya perpaduan konsep kepemimpinan spiritual seperti yang dituangkan ahli Fry (2003) dan konsep kebajikan dari ahli Grant and McGhee (2010).

Perpaduan konsep yang dimaksud yakni ada hubungan ethical decision making, perilaku sadar lingkungan dan kinerja perusahaan.

Ini menghasilkan model yang memiliki kelayakan dan mampu memenuhi beberapa kriteria goodness of fit yang ditetapkan.

“Hasil studi ini menunjukkan kebajikan dapat menjadi variabel pemediasi bagi kepemimpinan spiritual, ethical decision making,  perilaku sadar lingkungan dan kinerja perusahaan,” tandasnya.

Robiyanto telah menyelesaikan studinya dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun 6 bulan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK 4,00 atau cum laude.

“Tujuan studi ini untuk mengkonstruksi model relasi kepemimpinan spiritual dengan perilaku peduli lingkungan dan kinerja perusahaan,” kata pria yang juga hobi berenang ini.

https://jateng.tribunnews.com/2021/10/17/robiyanto-jadi-doktorbaru-ilmu-lingkungan-pertama-pdil-unika-soegijapranata-semarang?page=all.

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message