Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Rektor Unika Sebut Media dan Kampus Hadapi Kedangkalan dalam Keberlimpahan

Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPSi MSi menegaskan, media dan kampus sebenarnya memiliki tugas yang sama, yaitu sebagai pejuang kebenaran. Namun seirama perkembangan teknologi informasi, misi pengemban kebenaran menghadapi tantangan yang sangat berat.

”Sengaja saya mengutip judul mantan rektor Unika Soegijpranata Prof Budi Widianarko yaitu kedangkalan dalam keberlimpahan. Kita menerima berlimpah informasi, tapi dangkal,” kata Ferdinand saat menjadi narasumber dalam ‘Talkshow 4 Rektor Bicara Media’ yang digelar PWI Jawa Tengah secara virtual, Rabu (16/2/2022).

Diakui, teknologi sistem informasi  digital seperti pisau yang memiliki dua mata yang sama-sama tajam. Pada satu sisi sangat membantu, namun secara kepribadian dan kognitif, sebagai bagian dari bangsa, masyarakat dan pribadi yang belum matang, justru menjadi pisau kedua yang justru melukai nilai-nilai kemanusiaan.

Pada zaman saat ini, media pun belum seutuhnya sebagai pejuang kebenaran. Dia lalu bercerita ketika dia menerjunkan tim psikologi ke warga Desa Wadas yang mengalami traumatik pada proyek Bendungan Bener Purworejo.

”Ketika saya baca  lima media, ternyata  beda semua. Mau percaya yang mana? Bingung saya. Di sinilah saya menginginkan, mari kita bangun sinergi antara kampus dan perguruan tinggi untuk memperjuangkan kebenaran karena irisannya sangat besar,” tambahnya.

Menurut dia, adakah saat ini media arus utama atau konvensional benar-benar punya kesungguhan dalam menyuarakan kebenaran, dan menyuarakan harapan dan optimisme? Yang terjadi saat sekarang  media justru menyebarkan diksi-diksi dan narasi ketakutan. Media seperti tanpa kontrol, dan editor.

Sikap yang bisa dilakukan media di tengah zaman, kata Ferdinand, media harus punya pegangan. Akan berpegang kemana? Apakah memakai pola lama ‘bad news is good news’? Jika menyampaikan kebenaran, apakah bisa hidup?

Dia ingin pers dan kampus kembali ke khittahnya sebagai penyampai kebenaran. Dosen dan mahasiaswa berkumpul dengan suka cita mencari kebenaran. Belajar dan kuliah adalah cara menemukan kebenaran secara suka cita, tanpa ada  titipan, keterpaksaan, dan  pesanan.

”Tugas pers dan kampus sama, yaitu mencari lalu mengomunikasikan kepada masyarakat tentang kebenaran dengan suka cita. Bukan penyampai informasi yang  bikin waswas. Mungkin kalau ngga ada grup WA atau hidup puluhan tahun lalu, kita tak cemas seperti sekarang,” kata mantan GM PSIS Semarang itu.

Dia ingin, pers memberikan narasi-narasi yang bermanfaat dan hidup dalam optimisme, sehingga bisa menjalani aktivitas secara produktif. ”Pilihan kan ada dua, apakah sebagai penyampai kebenaran atau tidak. Pegangan  adalah kata kunci,” tutup Ferdinand yang hobi sepakbola ini.

# https://www.jatengnews.id/rektor-unika-sebut-media-dan-kampus-hadapi-kedangkalan-dalam-keberlimpahan/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message