Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Rektor Unika Sebut Media dan Kampus Hadapi Kedangkalan dalam Keberlimpahan

Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto SPSi MSi menegaskan, media dan kampus sebenarnya memiliki tugas yang sama, yaitu sebagai pejuang kebenaran. Namun seirama perkembangan teknologi informasi, misi pengemban kebenaran menghadapi tantangan yang sangat berat.

”Sengaja saya mengutip judul mantan rektor Unika Soegijpranata Prof Budi Widianarko yaitu kedangkalan dalam keberlimpahan. Kita menerima berlimpah informasi, tapi dangkal,” kata Ferdinand saat menjadi narasumber dalam ‘Talkshow 4 Rektor Bicara Media’ yang digelar PWI Jawa Tengah secara virtual, Rabu (16/2/2022).

Diakui, teknologi sistem informasi  digital seperti pisau yang memiliki dua mata yang sama-sama tajam. Pada satu sisi sangat membantu, namun secara kepribadian dan kognitif, sebagai bagian dari bangsa, masyarakat dan pribadi yang belum matang, justru menjadi pisau kedua yang justru melukai nilai-nilai kemanusiaan.

Pada zaman saat ini, media pun belum seutuhnya sebagai pejuang kebenaran. Dia lalu bercerita ketika dia menerjunkan tim psikologi ke warga Desa Wadas yang mengalami traumatik pada proyek Bendungan Bener Purworejo.

”Ketika saya baca  lima media, ternyata  beda semua. Mau percaya yang mana? Bingung saya. Di sinilah saya menginginkan, mari kita bangun sinergi antara kampus dan perguruan tinggi untuk memperjuangkan kebenaran karena irisannya sangat besar,” tambahnya.

Menurut dia, adakah saat ini media arus utama atau konvensional benar-benar punya kesungguhan dalam menyuarakan kebenaran, dan menyuarakan harapan dan optimisme? Yang terjadi saat sekarang  media justru menyebarkan diksi-diksi dan narasi ketakutan. Media seperti tanpa kontrol, dan editor.

Sikap yang bisa dilakukan media di tengah zaman, kata Ferdinand, media harus punya pegangan. Akan berpegang kemana? Apakah memakai pola lama ‘bad news is good news’? Jika menyampaikan kebenaran, apakah bisa hidup?

Dia ingin pers dan kampus kembali ke khittahnya sebagai penyampai kebenaran. Dosen dan mahasiaswa berkumpul dengan suka cita mencari kebenaran. Belajar dan kuliah adalah cara menemukan kebenaran secara suka cita, tanpa ada  titipan, keterpaksaan, dan  pesanan.

”Tugas pers dan kampus sama, yaitu mencari lalu mengomunikasikan kepada masyarakat tentang kebenaran dengan suka cita. Bukan penyampai informasi yang  bikin waswas. Mungkin kalau ngga ada grup WA atau hidup puluhan tahun lalu, kita tak cemas seperti sekarang,” kata mantan GM PSIS Semarang itu.

Dia ingin, pers memberikan narasi-narasi yang bermanfaat dan hidup dalam optimisme, sehingga bisa menjalani aktivitas secara produktif. ”Pilihan kan ada dua, apakah sebagai penyampai kebenaran atau tidak. Pegangan  adalah kata kunci,” tutup Ferdinand yang hobi sepakbola ini.

# https://www.jatengnews.id/rektor-unika-sebut-media-dan-kampus-hadapi-kedangkalan-dalam-keberlimpahan/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
HTTP Error. Unable to connect to the Instagram API. Feed will not update.

Share:

More Posts

Send Us A Message