Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Rayakan Dies Natalis Ke 20, Kaprodi TI Unika : Bertransformasi Sesuai Kemajuan Zaman

Pada tahun 2022, Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang memperingati Dies Natalis yang ke-20 tahun.

Melalui usianya yang genap 20 tahun ini, TI Unika Soegijapranata mengusung tema ‘Together Chasing Dreams with Creativity’.

Tema ‘Bersama Kita Meraih Mimpi dengan Kreativitas’ tersebut dijelaskan oleh Kepala Prodi TI, Rosita Herawati untuk mengingat kembali betapa pentingnya kekompakan guna mencapai kemajuan bersama.

“Melalui tema ini, seluruh Teknik Informatika, baik mahasiswa, tendik hingga dosen diharapkan tidak melupakan kekompakan dalam berkreatifitas, berdiskusi dan mengerjakan sesuatu bersama untuk memajukkan program studi,” jelasnya pada Tribun Jateng, Minggu (25/9/2022).

Rosita menambahkan, Prodi TI Unika bertransformasi sesuai dengan kemajuan dan dinamika zaman, khususnya pada bidang penelitian dan pengabdian serta kerjasama institusi.

“Dengan paradigma pendidikan baru Kampus Merdeka, dimana mahasiswa dapat memperkaya bidang ilmu dengan belajar seluas-luasnya, maka kerjasama dibangun oleh program studi Teknik Informatika, dengan cara membuka peluang lebih besar bagi mahasiswa untuk magang dan mempersiapkan diri lebih baik untuk masuk ke dunia kerja atau dunia industri,” terangnya.

Sebelumnya pada puncak acara Dies Natalis, Prodi TI telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan terlebih dahulu bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI).

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Short Course x Seminar (SCxS)  pada Senin-Jumat (7-11/2/2022) yang merupakan Bootcamp Mini Series: Creative Developer.

Mini series tersebut terdiri dari seminar ‘Arising Creative Developer’ di hari pertama, Short Course Chapter 1 ‘Become Creative Developer’: Backend Flask di hari kedua dan ketiga, Short Course Chapter 2  ‘Become Creative Developer’: Frontend Flutter di hari keempat dan kelima.

Kegiatan Bootcamp Mini ini yang berlangsung selama 5 hari bertujuan untuk melatih dan memfasilitasi hardskill yang tidak diajarkan di perkuliahan. Kemudian, LOOP bertema ‘Be Creative and Joyful Experience’ pada Sabtu (11/6/2022). Acara ini merupakan gabungan lomba dan open house.

Pesertanya meliputi para calon mahasiswa baru Teknik Informatika, yang bertujuan agar dapat meningkatkan kreativitas dalam berpikir dan berinovasi melalui lomba yang diselenggarakan.

Lalu melanjutkan kembali chapter SCxS, acara Short Course Chapter 3 bertema ‘Deep in Flutter’ pada Senin (18/7/2022) yang bertujuan agar para mahasiswa mendapatkan materi dan punya potensi tinggi bila nantinya digunakan di dunia kerja. Lalu, Open House TI pada Sabtu (13/8/2022) secara luar jaringan (luring) dengan tema ‘Creative is Fun’.

Tujuannya untuk memperkenalkan mahasiswa-mahasiswi baru mengenai TI Unika Soegijapranata dan sebagai wadah pelatihan singkat tentang MIT-Inventor.

Selanjutnya, ada pula pengadaan seminar “Forensik Digital dalam Mendukung Upaya Penegakan Hukum di Direktorat Jenderal Pajak” pada Senin (22/8/2022).

Alhasil, puncak acara Rabu (7/9/2022) lalu, Perayaan Dies Natalis Prodi TI ditutup dengan Misa Syukur bersama Romo Pras dan acara ramah-tamah serta games antara mahasiswa, tenaga pendidik (tendik), dan dosen di Pendopo Kapel Ignatius.

Dalam harapannya, Rosita Herawati, dengan bertambahnya usia Prodi TI dapat semakin berkembang khususnya di bidang AI, Big Data dan Artificial Intelligence.

Selain itu, para lulusan juga mampu mampu memberikan semua talenta yang dimiliki untuk kemajuan tanah air dan kemanusiaan.

“Maka di ulang tahun ini pula semakin banyak dosen yang studi lanjut. Para dosen juga dapat segera lulus dan segera mengurus jabatan akademik mereka. Dengan meningkatnya jumlah doktor dan jabatan akademik para dosen, nilai akreditasi Teknik Informatika dapat ditingkatkan,” pungkasnya.

#https://jateng.tribunnews.com/2022/09/25/rayakan-dies-natalis-ke-20-kaprodi-ti-unika-bertransformasi-sesuai-kemajuan-zaman?page=all.

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message