Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Psikologi Unika Peringati Dies Ke-37 , Gelar Webinar Hingga Bazaar

KR 14062021 Psikologi Unika Soegijapranata Peringati Dies Ke-37

Dalam rangka Dies Natalis ke-37, Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata akan menyelenggarakan berbagai kegiatan peringatan Dies mulai 19 Juni hingga 7 Agustus 2021.

Pada jumpa pers secara virtual dari kampus setempat, Jumat (11/6/2021), Dekan Fakultas Psikologi Dr M Sih Setija Utami MKes, Ketua Panitia Dies Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi dan Humas Fakultas Psikologi Dr Christine Wibhowo SPsi MSi Psikolog menyampaikan perjalanan Fakultas Psikologi Unika sejak berdiri sampai sekarang ini.

“Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata berdiri Agustus 1984, sebagai Fakultas Psikologi PTS pertama di Jateng dan DIY. Jumlah kelulusan hingga saat ini sekitar 4.000 hingga 4.500 alumni yang berkarya di beragam bidang dan tersebar di berbagai kota di Indonesia, bahkan ada yang di luar negeri seperti Jerman dan Belanda,” ujar Dekan.

Lebih lanjut menurut Dekan, sesuai dengan perkembangan keilmuan dan kondisi yang ada saat ini, Fakultas Psikologi Unika memiliki visi untuk mengembangkan ilmu psikologi dengan pendekatan biopsikososial dan multikultur. Tema Dies kali ini “Kearifan Lokal Sebagai Kekuatan Kolektif dalam Menghadapi Masa Transisi”.

“Tema ini dipilih mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian menimbulkan berbagai reaksi manusia seperti kecemasan, rasa takut, namun juga harapan dan optimisme. Salah satu aspek yang paling terdampak adalah proses pembelajaran. Kami melihat bahwa pendidikan bukan semata proses individual, namun juga suatu proses sosial. Adanya berbagai reaksi yang muncul atas rencana pembelajaran tatap muka menjadi dasar bahwa ada kearifan-kearifan lokal yang dapat dijadikan kekuatan kolektif untuk menghadapi hal tersebut. Oleh karena itu Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata bertekad untuk hadir sebagai pencerah, sesuai dengan visi-misi yang kami miliki yaitu mengembangkan ilmu psikologi dengan pendekatan multikultur” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Dies Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi menjelaskan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan mulai talkshow dan webinar hingga Bazaar Intelektual dan Misa Syukur sebagai penutup rangkaian acara Dies.

“Kegiatan pertama Talkshow Sabtu 19 Juni 2021 dengan judul “Siapkah Kita Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka?”. Acara kedua Webinar Sabtu 26 Juni 2021 dengan judul “Menggali Kearifan Lokal Sebagai Kekuatan Kolektif Dalam Pembelajaran Tatap Muka”. Kedua acara ini gratis, dapat diikuti secara daring, dan terbuka bagi seluruh masyarakat.

Kegiatan selanjutnya Lomba Film Pendek & Carousel yang dapat diikuti siswa tingkat SMA dan mahasiswa. Lomba dilaksanakan selama bulan Juni hingga Juli 2021 dengan tema lomba “Kearifan Lokal Sebagai Kekuatan Kolektif”. Terdapat hadiah menarik bagi para pemenang dengan total senilai Rp 15 juta” ujar Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi.

Humas Dies Dr Christine Wibhowo SPsi MSi Psikolog juga menjelaskan pada Sabtu, 10 Juli 2021, diakan Bazaar Intelektual sebagai bentuk kontribusi bagi masyarakat yang akan menampilkan seluruh bagian keilmuan psikologi yang ada di Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata.

Tema praktis dan implementatif pada Zoominar akan dibagi ke dalam enam judul yaitu “Slametan, Media Transformatif Mewujudkan Kedamaian & Keadilan di Era Disruptif”, “Mengembangkan Karakter Tepo Sliro Pada Siswa Tingkat Pendidikan Menengah (SMP-SMA/SMK)”, ”Unggah-ungguh Dalam Relasi Lintas Generasi di Organisasi”, “Menguatkan Kesehatan Mental Generasi Muda:Cara Modern vs Tradisional”, “Jogo Tonggo: From Zero to Hero”, dan “Strategi Menghadapi Perubahan Relasi Keluarga Dalam Era New Normal Dengan Kearifan Lokal”.

“Terakhir, kami akan menyelenggarakan perayaan internal civitas Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata dengan Misa Syukur dan acara kebersamaan 7 Agustus 2021,” ujar Dr Dr Christine Wibhowo SPsi MSi Psikolog (sgi)

https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/psikologi-unika-peringati-dies-ke-37-gelar-webinar-hingga-bazaar/

Kedaulatan Rakyat 14 Juni 2021 hal. 6

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message