Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Prosesi Wisuda Dilangsungkan dengan Teknologi Face Tracking Animation

image

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata telah melaksanakan prosesi wisuda yang berlangsung secara daring, tepat satu tahun di Juni 2021. Perayaan wisuda yang berlangsung secara virtual (Virtual Celebration Wisuda) tersebut akan kembali digelar pada 19 Juni 2021.

Rencananya menggunakan konsep teknologi Face Tracking Animation (FTA) atau animasi berbasis deteksi wajah, Augmented Reality (AR) atau realitas berimbuh, dan Virtual Reality (VR) atau realitas virtual.

Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya, menyampaikan, konsep penggunaan teknologi tersebut sebenarnya telah dilaksanakan pada prosesi wisuda sebelumnya.

Hanya saja, ada beberapa penyempurnaan penggunaan teknologinya. Misalnya saja, wajah yang digunakan merupakan wajah dari wisudawan dan wisudawati yang asli, namun badannya masih memakai milik orang lain.

Setidaknya, ungkap dia, ini mampu menjadi bukti dokumentasi bagi orang lain, jika mahasiswa tersebut telah diwisuda dari Unika.

”Seiring berjalannya waktu dan berbagai inovasi yang dilakukan panitia, wisuda virtual di Unika Soegijapranata semakin dirasakan mendekati kondisi nyata. Bahkan, teknologi ini menjadi rujukan beberapa kampus maupun sekolah, dalam menyajikan wisuda yang berkesan dan dapat didokumentasikan. Kepercayaan dari semua pihak untuk kami, dalam mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang ada, tentu sangat berarti,” ujar dia, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Rabu (16/6).

Pengembangan dari periode-periode awal teknologi FTA, dilakukan dengan menambahkan realitas berimbuh. Menjadikan tampilan kemudian berasal dari masing-masing wisudawan/wisudawati tersebut yang dipindahkan tali kuncir toganya, oleh Rektor Unika.

”Jadi, wajah dan orangnya telah sesuai dengan aslinya, pada saat penyamiran toga. Penggabungan beberapa teknologi tersebut diperlukan, karena adanya beberapa faktor yang tidak mungkin ditangani terus-menerus dengan satu teknologi saja,” terang Prof Dr F Ridwan.

Sementara itu, Ketua Panitia Wisuda Periode II Unika 2021, B Lenny Setyowati, mengungkapkan, rencananya akan ada 245 wisudawan/wisudawati yang akan mengikuti prosesi pengukuhan kelulusan tersebut.

Sebanyak 10 orang di antara mereka, merupakan mahasiswa yang berasal dari program Magister (S2). Ada beberapa hal unik dalam prosesi wisuda kali ini, salah satunya yakni seorang wisudawannya telah berusia 45.

”Untuk IPK tertinggi diraih Alice Joseph Kwee dari Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Memperoleh nilai sempurna yakni 4.0, sehingga dinobatkan sebagai lulusan berpredikat Summa Cum Laude. Prosesi wisuda rencananya berlangsung dengan menggabungkan antara dunia fisik dan virtual. Tentunya, pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ucap dia.

https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-04375737/prosesi-wisuda-dilangsungkan-dengan-teknologi-face-tracking-animation?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message