Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Pohon Zaitun Perdamaian, Keadilan, dan Keutuhan Ciptaan dalam Semangat Persaudaraan dan Kerukunan Interreligius

Menutup Season of Creation, Senin (4/10/2021), Romo Aloys Budi Purnomo Pr sebagai Ketua JPIC (Justice, Peace, and Integrity for Creation/KPKC) Kevikepan Semarang bekerjasama dengan sejumlah tokoh lintasagama Semarang menanam Pohon Zaitun di Kompleks Pasturan Johannes Maria Unika Soegijapranata.

Hadir di antaranya Bhikkhu Damasubo Mahatera, BhikkhuCattamanno Mahatera, Haji Taslim Syahlan, Gus Qodir, Haji Syaeful, Eka, Suwarto, Setyawan Budy, dan Pdt Sedyoko. Hadir pula unsur orang muda dan mahasiswa antara lain dari Pelita, Gusdurian, Gema Jateng, PMKRI, Campus Ministry for Christ Unika Soegijapranata.

“Melalui Ibu Tina (WR III Unika Soegijapranata 2017-2021), Pohon Zaitun yang ditanam merupakan hadiah dari Prof FG Winarno, tokoh dan pakar Teknologi Pangan di Indonesia dan dunia, yang juga turut berperan terhadap lahirnya Fakultas Teknologi Pertanian di tahun 1995, memberikan tanda kasih berupa 30 tanaman zaitun untuk UNIKA Soegijapranata yang ditanam di Area Pastoran, Kapel St Ignatius dan Kampus  BSB,” kata Romo Aloys dalam keterangan tertulisnya.

Diharapkan pohon zaitun ini menjadi salah satu simbol kampus UNIKA Soegijapranata yang terus hidup dan menghidupi.

Dalam konteks Season of Creation, Pohon Zaitun ditanam sebagai simbolisme menanam Perdamaian, Keadilan, dan Keutuhan Ciptaan dala. Semangat Persaudaraan dan Kerukunan.

Proses penanaman 8 Pohon Zaitun ditutup dengan mendaraskan doa untuk Bumi kita. Doa didaraskan oleh pewarkilan PMKRI Semarang. Doa dikutip dari Ensiklik Laudato Si’ sebagai berikut sebagai berikut:

Allah yang mahakuasa, yang hadir dalam seluruh  alam raya dan dalam makhluk-Mu yang terkecil, Engkau merangkul dengan kelembutan-Mu semua yang ada.

Curahkanlah kekuatan kasih-Mu atas kami agar kami dapat melindungi kehidupan dan keindahan. Penuhi kami dengan kedamaian, agar kami dapat hidup  sebagai  saudara dan saudari tanpa membawa kerugian  bagi siapa pun.

Ya Allah orang miskin, bantulah kami untuk menolong mereka yang ditinggalkan dan dilupakan di bumi  ini, mereka yang amat berharga di mata-Mu.

Sembuhkanlah hidup kami, agar kami menjadi pelindung dunia dan bukan perampok, agar kami menabur keindahan, bukan pencemaran atau  perusakan. Sentuhlah hati mereka yang hanya  mencari keuntungan dengan mengorbankan bumi  dan kaum miskin

Ajarlah kami untuk menemukan nilai segala sesuatu, untuk menatap dengan rasa kagum, untuk mengakui bahwa kami terjalin mendalam dengan segala makhluk dalam perjalanan kami menuju cahaya-Mu yang tak berbatas.

Kami berterima kasih karena Engkau bersama kami setiap hari.

Kami mohon, sudilah  Engkau mendukung kami dalam perjuangan kami untuk keadilan,  cinta, dan perdamaian kini dan sepanjang masa. Amin.

“Semoga aktivitas ini menambah kekayaan warna praksis eko-interreligius di negeri ini. Tujuan utamanya adalah merawat Bumi, rumah bersama,” tutup Romo Aloys.

►https://investor.id/national/265904/pohon-zaitun-perdamaian-keadilan-dan-keutuhan-ciptaan-dalam-semangat-persaudaraan-dan-kerukunan-interreligius

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message