Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Perpustakaan Unika Menerima Kunjungan PAUD Taman Belia Candi

image

Dalam rangka Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas BAKU), PAUD Taman Belia Candi Semarang mengajak siswa dan orang tua siswa berkunjung ke perpustakaan Unika Soegijapranata Rabu (13/2/2019).

Gernas BAKU yang diikuti 59 anak PAUD Taman Belia Candi disertai guru dan orang tua siswa, diterima Kepala Perpustakaan Unika Soegijapranata Rikarda Ratih Saptaastuti SSos di ruang perpustakaan gedung Thomas Aquinas lantai 1.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut Rikarda Ratih mengungkapkan pelaksanaan kegiatan kunjungan yang melibatkan anak-anak PAUD baru pertama kali dilakukan dan kegiatan ini mempunyai kesan tersendiri.

“Kunjungan PAUD dalam rangka Gernas BAKU merupakan gerakan literasi untuk mendekatkan anak-anak pada kebiasaan membaca buku dan meningkatkan minat baca. Hal tersebut searah dengan tujuan dari perpustakaan bahwa minat baca anak-anak harus ditumbuhkan sejak dini, sehingga pada waktu PAUD Taman Belia berkeinginan untuk berkunjung ke perpustakaan Unika, maka kami respon dengan baik. Kami berharap minat baca yang ditumbuhkan sejak kecil akan berdampak pada saat anak-anak itu dewasa nanti.  Disamping itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu pengabdian dari perpustakaan Unika serta sebagai promosi juga ke masyarakat,” jelasnya.

Kepala PAUD Taman Belia Candi Semarang Wiwik Chitra Pratiwi SPd menambahkan kegiatan yang merupakan bagian dari Gernas BAKU ini dilakukan sesuai anjuran dan program pemerintah bertujuan untuk mendorong inisiatif dan peran keluarga Indonesia dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di lembaga PAUD, dan masyarakat.

“ Anak-anak PAUD Taman Belia Candi yang berusia dua sampai enam tahun kami ajak untuk berkunjung ke perpustakaan Unika Soegijapranata sebagai acara puncak tema dari seluruh kegiatan yang kami lakukan dalam rangka Gernas BAKU. Kami ajak anak-anak  melihat langsung bahwa ada banyak sumber yang bisa mereka pakai untuk menggali informasi selain handphone, internet dan buku-buku di rumah,” tutur Chitra.

Chitra berharap, anak-anak dan orang tua yang mendampingi bisa tahu bahwa banyak tempat yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan informasi. Selain itu dirinya juga berharap dengan kunjungan ini anak-anak PAUD juga akan tumbuh minat bacanya. Diharapkan anak anak tidak hanya bisa membaca tetapi juga suka membaca. Kepala PAUD Taman Belia Candi Semarang tahun 2018 lalu menjadi salah satu penerima Apresiasi Gernas BAKU tahun 2018 tingkat Nasional.

Sementara salah satu perwakilan orang tua siswa yang ikut serta mendampingi putra putrinya Ibu Rosalia Widiarti, juga mengungkapkan apresiasinya atas kesediaan perpustakaan Unika Soegijapranata menerima siswa PAUD saat berkunjung. “ Saya merasa haru dan bangga karena perpustakaan Unika Soegijapranata bersedia menerima anak-anak kami yang masih belajar di PAUD untuk berkunjung ke perpustakaan Unika, mengingat sebenarnya perpustakaan ini sebetulnya banyak digunakan oleh mereka yang dewasa atau yang sedang kuliah. Tentu saja harapan kami anak-anak dapat melihat langsung bagaimana sebenarnya perpustakaan itu, isinya apa saja, kemudian fasilitas membacanya seperti apa, dan yang luar biasa Unika membuat ruang baca juga yang luar biasa karena bisa melihat pemandangan yang indah dari ruang bacanya.”

Dalam kunjungan tersebut, anak-anak disamping didampingi oleh orang tua dan guru, mereka juga didampingi beberapa mahasiswa psikologi Unika serta diajak berkegiatan literasi antara lain permainan puzzle, menyanyi, juga kunjungan ke museum Mgr Albertus Soegijapranata.

http://www.kampussemarang.com

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message