Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Peneliti Unika Soegijapranata Terima Sertifikat Paten Sederhana

Dalam mengembangkan dan meningkatkan produktivitas penelitian sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di Unika Soegijapranata, perlu adanya jaminan perlindungan terhadap penelitian yang dilakukan oleh peneliti di lingkungan Unika Soegijapranata. Salah satunya adalah diberikannya Sertifikat Paten Sederhana oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Tim peneliti Unika Segijapranata yaitu Dr Lindayani MP dan Dr Laksmi Hartajanie MP telah menerima Sertifikat Paten Sederhana dalam penelitiannya tentang Proses Pembuatan Media Pertumbuhan Bakteri Asam Laktat untuk Memproduksi Bakteriosin.

Dr Lindayani mengungkapkan hasil penelitian yang dilakukan khususnya untuk bakteri asam laktat, dilakukan modifikasi untuk metodenya. “Dari hasil penelitian tersebut kita menemukan bakteriosin yang baik,” kata Dr Lindayani, Kamis 7 April 2022.

Dari hasil penelitian itu, ia mencari informasi terkait modifikasi tersebut ternyata belum ada, maka hasil penelitian itu diajukan untuk paten sederhana. Tahap berikutnya, apabila ada perusahaan yang tertarik dengan paten hasil penelitian yang dihasillan, akan ada kolaborasi antara perusahaan dengan akademisi.

”Manfaat hasil penelitian kami dengan bakteriosan yang baik adalah dapat menekan pertumbuhan mikro organisme yang jahat di dalam pencernaan manusia, sehingga perut kita akan sehat dan tubuh kita juga akan sehat,” tambahnya.

Bakteriosin juga dimanfaatkan sebagai pengawet alami, seperti pada produk minuman supaya memiliki umur simpan yang lebih lama. Sementara itu bakteriosin ini tidak berbahaya, tidak berbau dan tidak berwarna sehingga karena hal tersebut bisa menguntungkan.

Di sisi lain sertifikat paten ini juga menguntungkan bagi institusi, dalam hal ini Unika Soegijapranata. Untuk mendapatkan sertifikat paten ini tidak semudah mendapatkan hak cipta (HKI atau Hak Kekayaan Intelektual).

”Kami juga sedang menyiapkan pengajuan sertifikat paten yang berikutnya, yaitu dua penelitian kami mengenai ice cream dan permen yang berbahan alami serta berharap bisa lolos untuk proses dan pengajuan patennya,” tandas Dr Lindayani.*

# https://www.ayosemarang.com/pendidikan/pr-773159973/peneliti-unika-soegijapranata-terima-sertifikat-paten-sederhana?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message