Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Pemda Minahasa Selatan Apresiasi Program KKN Komunitas FK Unika Soegijapranata

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI telah mempromosikan transformasi kesehatan Indonesia 2021-2024.

Transformasi yang mencakup berbagai hal termasuk pusat pelayanan primer dan sekunder, respons kedaruratan, reformasi bidang pendanaan, bidang budaya dan sumber daya manusia, hingga teknologi dan sistem data.

Salah satu pilar dalam transformasi sistem kesehatan adalah transformasi SDM kesehatan, dengan meningkatkan kuantitas, distribusi, dan kualitas tenaga kesehatan. Saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa mendapatkan akses ke dokter dan pelayanan yang layak dari tenaga kesehatan, terutama yang tinggal di pelosok daerah.

“Demi memastikan SDM kesehatan terdistribusi secara adil dan merata maka Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata, melalui Tri Dharma pendidikan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Komunitas di Kabupaten Minahasa Selatan,” papar Dekan FK Unika dr Indra Adi Susianto MSi  Med  Sp OG usai melaksanakan pertemuan dengan  Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar SH di kantor Bupati Minahasa Selatan pada Senin (14/3/2022).

“Program KKN komunitas merupakan salah satu komponen dari proses perencanaan karir yang tersedia bagi mahasiswa FK Unika Soegijapranata,” imbuhnya.

Program ini dirancang untuk mengintegrasikan mahasiswa, sistem kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, populasi, dan Perguruan Tinggi dalam kemitraan guna mempersiapkan calon dokter profesional sekaligus memberi pengalaman karir lebih awal kepada mahasiswa.

“Pengalaman terkait karir dokter di DTPK ini akan meningkatkan tujuan pendidikan sambil berkontribusi pada visi-misi program studi,” katanya.

Program KKN komunitas memiliki tiga tujuan utama diantaranya membantu pemerintah daerah di bidang pelayanan  kesehatan, kesehatan masyarakat, pemanfaatan herbal untuk medis, layanan social.  Membantu kapasitas dinas kesehatan dan Puskesmas untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas mereka secara keseluruhan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat.

“Program KKN Komunitas adalah program inovatif FK Unika Soegijapranata yang memiliki tujuan membantu fasilitas pelayanan kesehatan dan masyarakat dengan berfokus langsung pada penanganan masalah kesehatan masyarakat atau kesenjangan kesehatan di komunitas yang kurang terlayani, yang memiliki tantangan sosial, geografis dan ekonomi terutama di DTPK,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar yang didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Benny V J Lumingkewas,  Kabag Kerja Sama Sekretariat Daerah, Plan O Yonathan dan Kepala Dinas Kesehatan dr Erwin Schouten.

Sementara Tim FK Unika Soegijapranata terdiri dr Indra Adi Susianto selaku Dekan FK Unika, didampingi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Dokter FK Unika dr Fransiska P Hardimarta MSi Med, Programer Field Lab-KKN Komunitas Perigrinus H Sebong MPH, dan Sekretaris Satgas Persiapan KKN dr Vania Angeline Bachtiar Sp N.

#https://rri.co.id/semarang/pendidikan/seputar-pendidikan/1388410/pemda-minahasa-selatan-apresiasi-program-kkn-komunitas-fk-unika-soegijapranata

berita serupa:

Diterima Bupati FDW, Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang KKN di Minsel

https://www.manadonews.co.id/2022/03/15/pemkab-minsel-audiens-dengan-fakultas-kedokteran-unika-soegijapranata-semarang/ 

http://beritakawanua.com/berita/minsel/bupati-fdw-terima-kunjungan-faked-unika-soegijarpranata-semarang#sthash.W0WJufES.dpbs 

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kalau ke SCU, berasa kaya lagi vacation deh, suasana kampusnya asyik, bisa praktik bikin candy, AI, belajar anatomi tubuh manusia dan masih banyak lagi. Pokoknya fun banget. Hayuk! Sekolahmu juga bisa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#KampusTur
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message