Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Mahasiswa Unika Semarang Mendapat Pembekalan KKN Adaptif Pandemika 2021

Tim Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Unika Soegijapranata Semarang memberikan pembekalan secara daring kepada para mahasiswa terkait KKN Adaptif Pandemika 2021. Pembekalan ini untuk mendapatkan masukan untuk penyusunan rancangan kegiatan yang akan direalisasikan sesuai dengan kebutuhan daerah yang dituju.

”Mahasiswa diharapkan dapat mengefektifkan waktu dalam merealisasikan program kerja KKN mereka selama 21 hari,” jelas ketua P3M Rudy Elyadi, Minggu 17 Oktober 2021.

Acara pembekalan tersebut dibuka oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata Dr Yustina Trihoni Nalesti Dewi. Ia menegaskan pentingnya peran mahasiswa untuk bersinergi dan memberikan dukungan kepada masyarakat sebagai mitra untuk memperkuat persaudaraan.

“Unika Soegijapranata selalu menjalin jejaring dan aliansi dengan para stakeholder, hal tersebut karena Unika Soegijapranata tidak bisa bekerja sendirian. Maka KKN Adaptif Pandemika ini menjadi kesempatan yang membahagiakan bagi Unika untuk bermitra dan memperkuat persaudaraan dengan setiap pihak di Kota Semarang ini,” papar Dr Trihoni yang baru saja dilantik memimpin LPPM Unika menggantikan pejabat sebelumnya yang dipegang oleh Dr Berta Bekti Retnawati.

Dr Trihoni menambahkan, bahwa melalui kegiatan KKN Adaptif Pandemika ini, Unika Soegijapranata juga tidak ingin menjadi menara gading atau tidak mengenal dunia sekitarnya. Justru sebaliknya, kegiatan ini menjadi momentum yang sangat baik untuk hadir di tengah masyarakat sekitar, yang diawali dengan pembekalan selama dua hari ini.

”Seluruh dosen DPL, satgas dan mahasiswa yang terlibat dalam Pandemika ini diharapkan dapat mengusung visi Unika yaitu Humanitate, dan pembekalan selama dua hari ini semoga cukup memberi bekal agar mahasiswa memiliki ketajaman wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang bisa digunakan mencapai hasil yang maksimal,” ujarnya.

Sedangkan Ketua P3M Unika Rudi Elyadi menginformasikan sebanyak 380 mahasiswa yang akan diterjunkan dalam KKN Adaptif Pandemika Unika, tersebar di 11 wilayah di Kota Semarang.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, Fx Bambang Suranggono dalam paparannya menyampaikan kebijakan pengembangan UMKM di Kota Semarang.

“Tentang pembinaan dan pemberdayaan UMKM di Kota Semarang telah diterbitkan SK Walikota no 518/1255 yaitu adanya pembentukan forum Gerakan Masyarakat Terintegrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Gerai Kopi & Mi) di Kota Semarang,” ucap Fx Bambang Suranggono.

Melalui forum Gerai Kopi & Mi ini, menjadi wadah untuk pembinaan, dimana untuk sebarannya forum ini ada di 177 kelurahan, 16 kecamatan bahkan di tingkat kota. Jadi praktis, pemberdayaan dan pengembangan pelaku usaha mikro terkoordinir dalam 177 kelurahan, 16 kecamatan dan kota. Bahkan masih ada tujuh komunitas strategis pemberdayaan ekonomi yang ada di kota Semarang.

Tujuh komunitas itu terdiri dari enam pemberdayaan jemaat, baik di jemaat Muslim, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khonghucu. Dan satu komunitas budaya yang didalamnya adalah para pelaku seni budaya serta mengakomodir kawan-kawan disabilitas.

Program Gerai Kopi & Mi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang 2021-2026 adalah meliputi forum gerai Kopimi Semarang (FGKS), aplikasi E-Gerai Kopimi,Gulo Asem (Gerai Usaha Mikro Lokal Online Asli Semarang), Gerai Logistic Semarang, Belanja Bareng Gerai Kopimi, dan SDM (Smartcity Digital Management).

►https://semarang.ayoindonesia.com/pendidikan/pr-771493958/mahasiswa-unika-semarang-mendapat-pembekalan-kkn-adaptif-pandemika-2021?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message