Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Mahasiswa punya peran dalam mensukseskan kepatuhan pajak

Mahasiswa memiliki peran dalam mensukseskan fungsi Tax Center di kampus. Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Teguh Budiharto mengatakan mahasiswa yang turut serta dalam Tax Center dapat memupuk jiwa nasionalisme untuk mewujudkan kemandirian bangsa.

“Dengan melibatkan peran mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi tumpuan bangsa dalam pembangunan, melalui wadah Tax Center ini diharapkan akan memupuk jiwa nasionalisme untuk mewujudkan kemandirian bangsa,’ kata Teguh saat memberikan sambutan dalam penandatanganan perpanjangan kerja sama antara Kanwil DJP Jateng I dengan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang melalui aplikasi  zoom meeting Rabu (28/10).

Teguh mengungkapkan adanya tax center di universitas dapat berfungsi sebagai pusat informasi, pendidikan dan pelatihan perpajakan.

“Tax Center mempunyai peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar mengerti hak dan kewajiban perpajakannya,” imbuh Teguh.

Sementara itu, Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Ferdinand Hindiarto berharap adanya Tax Center di universitas dapat mendorong agar persepsi pajak di masyarakat menjadi positif. Menurut Ferdinand  patuh tidaknya masyarakat terhadap pajak dipengaruhi oleh persepsi masyarakat terhadap pajak. Selain itu juga ada pengaruh persepsi masyarakat terhadap pemerintah/pemegang otoritas.

“Jika masyarakat sudah percaya dengan pemerintah maka akan menjadikan kepatuhan pajak menjadi tinggi meski dengan tarif yang tinggi, jika masyarakat sudah percaya, masyarakat akan membayarnya,” ujar Ferdinand.

Ferdinand mengamati  masyarakat sebetulnya sudah merasakan manfaat pajak secara tidak langsung. maka perlu diperkuat terkait persepsi ini.

Dalam kesempatan yang sama  Ketua Umum Ikatan Konsultan Pajak Indonesia Mochamad Soebakir mengatakan pendidikan terkait pajak memang harus dilakukan sejak dini. Hal ini sebagai upaya untuk mencerdaskan anak bangsa sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi.

“Pajak saat ini sebagai tulang punggung dalam pembiayaan pembangunan, oleh karena itu sangat tepat jika pendidikan pajak dilakukan sejak awal seperti yang dilakukan oleh Unika ini,” ungkap Soebakir.

Kanwil DJP Jawa Tengah I bersama Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang melakukan perpanjangan kerja sama mengenai tax center. Acara  ini dilakukan bersamaan dengan seminar bertemakan “PPN atas Transaksi Digital” yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Rabu(27/10/2021).

►https://elshinta.com/news/249498/2021/10/28/mahasiswa-punya-peran-dalam-mensukseskan-kepatuhan-pajak

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message