Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Mahasiswa Arsitektur Unika Sabet Juara 1 Kompetesi Arsitektur Nusantara Indonesia

Para mahasiswa program studi arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain, Unika Soegijapranata meraih juara pertama. Juara tersebut diperoleh melalui Kompetisi Cerlang Pusat Kebudayaan Nasional 2021 dengan kategori Reka Rupa Kreasi Arsitektur Nusantara dalam Animasi 3D.

Tim mahasiswa arsitektur Unika Soegijapranata yang beranggotakan tiga orang, yaitu Gregorius K. Adiprakoso angkatan 2014, Daniel Jansen Harianto dan Sia Steven Leroy, angkatan 2017 ini telah memasuki sepuluh besar sebagai karya terbaik sebelumnya, hingga pada akhirnya dinobatkan sebagai juara pertama.

Mereka memilih judul ‘Mulak-Pulang’ dalam kompetisi tersebut, “Tim Unika Soegijapranata mencoba mengaplikasikan animasi 3D Arsitektur Nusantara, berupa penggambaran ulang dengan berbagai software yang berisi, bentuk, tahapan, dan detail konstruksi bangunan dari daerah Toba,” jelas Gregorius K. Adiprakoso saat dihubungi pada Rabu (15/12).

Secara teknis, karya tersebut lebih menggambarkan kearifan lokal daerah Toba, karena Gregorius mengaku telah lama tinggal di sana berkaitan dengan program live in yang pernah Ia ikuti selama tujuh bulan. Dengan menggambarkan penggunaan material, detail, konstruksi rumah nusantara Daerah Toba, mereka memadukan karya tersebut dengan kehidupan masyarakat setempat serta situasi dan lingkungan sekitar yang masih lekat dengan kultur dan budaya masyarakat Toba itu sendiri.

Koesmartadi, juri kompetisi tersebut mengungkapkan bahwa karya-karya peserta pada Kompetesi Reka Rupa Kreasi Arsitektur Nusantara rata-rata berkualitas dan memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing, “Rumah arsitektur di Indonesia yang berjumlah sekitar 670 lebih menurut UNESCO sudah tercatat sebagai karya arsitektur Nusantara Indonesia. Dan dalam kompetisi ini, ternyata karya dari Unika Soegijapranata memenuhi semua persyaratan tahapan pembangunan rumah adat arsitektur Nusantara. Mulai dari fondasi, tiang dan atap, baru kemudian dilakukan finishing dalamnya. Sehingga dalam proses itu, tampak sekali pemaknaannya dan memenuhi semua kriteria.” Papar Koesmartadi.

►https://mediaini.com/info-terkini/2021/12/16/65991/mahasiswa-arsitektur-unika-sabet-juara-1-kompetesi-arsitektur-nusantara-indonesia/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message