Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Kepala Sekolah Sebagai Transformer Pendidikan

Unika Soegijapranata menyelenggarakan serial webinar psikologi pendidikan dengan topik “Kesehatan Kepala Sekolah Sebagai Awal keberhasilan Sekolah Penggerak dan  Guru Transformatif”, Sabtu (22/1/2022).

Acara tersebut dihadiri Direktur SMK Kemendikbudristek Dr Wardani Sugiyanto MPd ini diselenggarakan secara virtual melalui platform zoom dan diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah yang mewakili lembaga pendidikan masing-masing, baik yayasan maupun sekolah, serta pemerhati pendidikan.

Wardani menegaskan tentang pengembangan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia.

“Kami akan melakukan pengembangan sesuai program dari Menteri Nadiem terhadap pendidikan dasar dan menengah, khususnya di pendidikan dasar dengan konsepnya sekolah penggerak mulai dari SD, SMP, SMA dan juga SMK dengan vokasinya yang sangat dipengaruhi oleh link and match-nya dengan dunia industri,” ungkapnya.

Pihaknya akan mengembangkan sekolah penggerak, lalu guru penggerak, sehingga nantinya kepala sekolah ini akan direkrut dari guru penggerak.

“Pengembangan ASN dengan dua pendekatan PNS dan pegawai kontrak, sewaktu-waktu bisa terjadi jika Bupati atau Gubernur menghendaki, Kepala Sekolah bisa direkrut dari guru penggerak dan tidak harus PNS, sehingga siapapun guru penggerak baik swasta ataupun negeri, mereka bisa mendaftar sebagai Kepala Sekolah,” katanya.

Kedepannya, peran Kepala Sekolah sangat vital untuk kemajuan pendidikan.

“Maka akan kami garap terlebih dahulu SDM-nya, agar Kepala Sekolah, Guru dan Pengawas bisa berubah paradigmanya untuk bisa mengajar dengan menjadi pendamping, fasilitator, sekaligus mentor bagi para siswanya,” tandasnya.

“Demikian pula paradigma taksonomi bloom juga harus berubah, tidak hanya kognitif, afektif dan psikomotorik, tetapi juga healthy  atau kesehatan juga berperan penting. Oleh karena itu pola hidup sehat juga perlu dikembangkan, terutama bagi Kepala Sekolah, sebab dengan pola hidup sehat maka Kepala Sekolah akan menjadi lebih produktif dan berkesinambungan dalam jangka waktu yang panjang,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama  Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto MSi juga menyinggung tentang menjadi pendidik yang transformatif.

“Apabila memilih berprofesi guru maka hendaknya juga bisa menjadi transformer. Karena menjadi seorang Guru hakekatnya adalah menjadi seorang transformer yang menemani siswa-siswa agar mereka bisa bertransformasi, menjadi lebih matang, lebih dewasa dalam cara berpikir dan cara bertindak,” ucapnya.

Dan seorang Guru tidak bisa menjadi transformer yang ideal apabila Kepala Sekolahnya tidak sehat apalagi tidak menguasai filsafat pendidikan.

“Pendidikan menurut konsep-konsep Romo Driyarka sesungguhnya adalah menentukan, mengubah, dan membentuk hidup manusia,” lanjut Dr Ferdinand.

Sementara itu, Dr M Sih Setija Utami MKes yang melakukan penelitian secara menyeluruh terkait literasi kesehatan bersama beberapa dosen Psikologi Unika Soegijapranata, seperti Drs Haryo Goeritno MSi sebagai Ketua Tim Peneliti kesehatan Kepala Sekolah, dengan anggota tim lainnya Dr Lucia Hernawati MS sebagai Ketua Panitia serta anggota tim Yesika Mayang SPsi, memaparkan bahwa belum banyak penelitian dilakukan terhadap Kepala Sekolah.

“Kami sebagai peneliti melihat di lapangan bahwa banyak Kepala Sekolah yang mempunyai kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhinya, tetapi belum banyak yang mengetahui bagaimana kondisi riil kesehatan Kepala Sekolahnya,” jelasnya.

“Maka dalam penelitian kami, lebih banyak memotret bagaimana kesehatan para Kepala Sekolahnya, terutama di masa pandemi Covid- 19. Dan salah satu hasil temuan kami, ternyata selama masa pandemi peran Kepala Sekolah masih pada tataran menghimbau murid untuk mencegah pandemi Covid-19, tetapi belum sebagai transformer yang mendampingi, melatih setiap hari, serta mencegah pandemi covid, sehingga peran transformer ini perlu ditingkatkan,” pungkasnya.

►https://rri.co.id/semarang/pendidikan/seputar-pendidikan/1337159/kepala-sekolah-sebagai-transformer-pendidikan

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message