Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Kampus Unika Soegijapranata BSB City Resmi Digunakan, Fasilitasi Perkuliahan Dua Fakultas

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata yang berada di Bukit Semarang Baru (BSB) City Mijen Kota Semarang sudah siap memfasilitasi perkuliahan mahasiswa. Gedung yang diberi nama Gedung Fransiskus Assisi tersebut nantinya menjadi lokasi perkuliahan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika.

Disampaikan oleh Rektor Unika, Dr. Ferdinand Hindiarto, pihaknya tak ingin memisahkan Kampus Unika BSB dan Unika Bendan. Ia ingin kedua kampus tersebut tetap bersinergi. Gedung kuliah yang terdiri atas lima lantai terdiri atas aula, kafe, kelas, laboratorium, perpustakaan, atap terbuka, hingga working space.

“Kampus kedua ini digunakan untuk Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP). Gedung itu dinamai dengan Gedung Fransiskus Assisi yang merupakan orang suci dalam gereja Katolik,” jelasnya seusai Peresmian Gedung Fransiskus Assisi pada Senin (4/4/2022) siang.

Ferdinand menambahkan, hari ini secara resmi kampus kedua mulai digunakan. Alasan penggunaan gedung baru untuk kedua fakultas tersebut dikarenakan dua fakultas itu yang memang memiliki kesamaan kebutuhan pembelajaran terkait laboratorium dan pengelolaannya

Ferdinand menyadari, Kampus Unika Bendan sudah tidak memungkinkan dilakukan pengembangan sarana prasarana, sehingga pihak rektorat dan Yayasan Sandjojo sejak 2015 sengaja memilih kawasan BSB untuk pengembangan kampus.

“Di Bendan Duwur itu sudah tidak mungkin untuk pengembangan insfrastruktur. Lahan sudah habis. Sebenarnya ada sisa tapi tanah bergerak, sehingga akhirnya kita pilih di BSB,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa hanya ada dua fakultas yang berada di BSB karena keduanya membutuhkan lahan yang luas untuk praktikum selama kuliah.

Secara keilmuan, cara belajarnya, akan lebih banyak praktikum. Ditambah praktikum, butuh lahan luas sehingga diputuskanlah dua fakultas ini yang berada di BSB.

Secara bertahap kata dia, pada Juli 2022 kampus dua di BSB akan dilengkapi dengan gedung khusus Fakultas kedokteran dan Laboratoriumnya.

Ia mengakui tempat tersebut belum lengkap untuk menunjang Fakultas Kedokteran lantaran adanya revisi konsep gedung dari Kementerian Kesehatan.

“Mahasiswa Fakultas Kedokteran sudah kuliah di sini, tapi selama setahun ke depan masih praktek di kampus Bendan Duwur. Mereka masih riwa riwi kuliah dan praktikum. Kita sudah sediakan shuttle bus untuk wira-wiri. Selain itu, di Kampus BSB akan ada IPC (Inovate Program Cluster) dan rumah sakit,” tandas dia.

Atli Ivana, mahasiswi FTP 2021 asal Sintang Kalimantan Barat mengaku senang menempati kampus baru itu.

Awalnya ia mencari informasi tentang kampus Unika Soegijapranata Semarang. Saat ia mendapat info Kampus Unika membangun fasilitas gedung di BSB City, ia langsung tertarik untuk mendaftar.

“Saya akhir akhir ini sudah sering ke Kawasan BSB City. Tempatnya bagus, rapi, dan bersih. Beberapa temen temen saya dari beda fakultas di kampus lama pada pengen di kampus dua ini,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Valentino Danu, mahasiswa FK 2021 mengatakan gedung Fransiskus Assisi tersebut bagus. Bangunan nampak modern dan memberikan kesan berbeda dibanding Kampus Unika Bendan.

“Keren banget gedung baru ini. Disini bisa lihat pemandangan bagus. Saya berharap nanti perawatan gedung ini maksimal agar tetap bagus,” jelasnya.

# https://jateng.tribunnews.com/2022/04/05/kampus-unika-soegijapranata-bsb-city-resmi-digunakan-fasilitasi-perkuliahan-dua-fakultas?page=all.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message