Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Herminio Dagohoy: Pentingnya Program Studi Jadi Sarana Membentuk Kepemimpinan Sosial

TRB 23_10_2017 Herminio Dagohoy-Pentingnya Program Studi Jadi Sarana Membentuk Kepemimpinan Sosial

Rektor Universitas Santo Tomas, Filipina Very Rev. Herminio Dagohoy menyampaikan materi di acara Seminar Presidential Forum di ruang teater Unika Soegijapranata.

Di acara seminar bertema ‘University as the Backbone of Social Leadership: Development of Coastal Area of Semarang’ itu Very Rev. Herminio Dagohoy tekankan pentingnya program studi sebagai sarana membentuk karakter kepemimpinan sosial dari kepribadian mahasiswa.

Seminar ini merupakan acara puncak diselenggarakan oleh Nationalwide University Network in Indonesia (NUNI). Sebelumnya NUNI menyelenggarakan acara Annual Meeting dan Student Camp 2017 pada 21-22 Oktober 2017.

"Universitas pasti akan memunculkan lulusan, setelah lulus akan terjun ke masyarakat. Semasa kuliah, universitas memiliki peran dalam membentuk kemampuan intelektual dan kepemimpinan sosial yang baik. Hal itu berguna untuk memahami interaksi yang tepat dalam melakukan perubahan dalam masyarakat," ujar Rektor Universitas Santo Thomas, Senin (23/10/2017).

Extrakurikuler harus masuk dalam bagian dari kurikulum. Mahasiswa yang semasa kuliah mengikuti organisasi, akan memiliki jiwa kepemimpinan dan diimbangi dengan spiritualitas.

NUNI merupakan asosiasi yang beranggotakan 21 universitas negeri maupun universitas swasta yang tersebar di Indonesia.

Tiga universitas di Semarang yang tergabung ke NUNI yakni Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Universitas Diponegoro (Undip), dan Univeraitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula).

Ketiga univeritas tersebut juga menjadi tuan rumah pada acara NUNI tahun 2017.

Presidential Forum diisi oleh dua narasumber yakni Very Rev. Herminio Dagohoy, O.P dan Budi Widianarko dari Unika Soegijapranata.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Soegijapranata, Beni Danang Setianto menuturkan tujuan diadakan kegiatan Presidential Forum, Annual Camp dan Student Camp sebagai berbagi dan memperdalam ilmu dalam pengelolaan perguruan tinggi.

"Presidential Forum dan Annual Camp Kami adakan tiap tahunnya namun diadakan secara bergiliran tahun ini Semarang yang menjadi tuan rumah. Selain itu, Student Camp pertama kali kami adakan sebagai sarana untuk mempermudah pertukaran pelajar dan transfer ilmu dari berbagai universitas," tutur Beni.

Acara digelar selama tiga hari dihadiri oleh perwakilan dari universitas yang tergabung dalam NUNI dan perwakilan dari mahasiswa.

(►http://jateng.tribunnews.com)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message