Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Hendi Sebut Unika Soegijapranata Konsisten Membangun Nilai Kebangsaan Milenial

Unika Soegijapranata Semarang menggelar kuliah umum kebangsaan bertema “Pancasila Rumah Kita”. Dalam acara itu hadir narasumber Alumnus Unika Soegijapranata Semarang yang kini menjabat sebagai Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Rektor Unika Soegijapranata Ferdinandus Hindiarto.

Wakil Rektor Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unika Dr Berta Bekti Retnawati SE MSi dalam kesemapatan itu menjelaskan maksud dan tujuan penyelanggaraan kegiatan kuliah kebangsaan.

“Lembaga  Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan  (LP3) Unika telah menggagas dan membuat berbagai macam hal terkait pembelajaran dan salah satunya adalah yang berkaitan dengan kebangsaan,” tuturnya.

Keinginan untuk membangun kebangsaan ini, kata dia, adalah harapan untuk bangsa ini di tengah pandemi covid-19 yang masih belum selesai dan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda  yang beberapa waktu lalu telah diperingati.

“dengan perkembangan teknologi digital juga membawa pengaruh pada persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Maka kepada para milenial perlu kita ingatkan tentang kekuatan dan kesakralan Pancasila yang bisa menjadi andalan kita untuk menjaga kesatuan bangsa.” tegasnya.

Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi dalam paparan materinya mencoba mengulik tentang kesadaran para milenial dalam menyikapi Pancasila.

“Unika Soegijapranata termasuk salah satu perguruan tinggi yang tetap konsisten menyelenggarakan pendidikan kepada para mahasiswa agar tetap mencintai NKRI dan Pancasila,” ungkap Hendi.

Menurutnya, semua warga sepakat juga pada kehebatan dan kedasyatan Pancasila sebagai dasar negara karena kita adalah warganegara kesatuan Republik Indonesia. Tapi kemudian jika warga negara membuka mata lebar-lebar maka akan melihat mulai munculnya fenomena adanya kelompok-kelompok yang akan mengubah Pancasila sejak tahun 2015 hingga puncaknya saat pelaksanaan Pemilihan Presiden pada tahun 2019.

Munculnya fenomena tersebut berakibat munculnya sekat-sekat di antara warga negara yang dilandasi oleh perbedaan yang sengaja dimunculkan oleh kelompok-kelompok yang akan mengubah Pancasila.

Sementara para pengamat ekonomi di luar Indonesia sudah memperkirakan bahwa Indonesia di tahun 2045 akan menjadi negara dengan poros ekonomi terkuat di dunia. Bahkan dalam survei yang dilakukan oleh Charity Aid Foundation (CAF) sebagai salah satu lembaga amal yang dimiliki oleh negara Inggris, menyatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan kepedulian tertinggi di dunia. Maka sebenarnya ini membuktikan bahwa Pancasila sudah mendarah daging pada warganegara dan bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu pintar dan peduli menjadi representasi nilai-nilai Pancasila dalam Revolusi Industri 4.0 di Kota Semarang, yang diejawantahkan menjadi bergerak bersama atau gotong royong yang menjadi kunci dalam memaksimalkan bonus demografi di era revolusi industri 4.0,” tandas dia.

Dr Ferdinand selaku Rektor Unika dalam kesempatannya memaparkan belajar menghidupi  Pancasila dengan sepakbola.

“Saya terbiasa mengimani sebuah proses dalam suatu usaha, itu saya dapatkan dari sepakbola. Bahwa untuk bermain dua kali empat puluh lima menit itu latihannya sangat keras dan dilakukan selama berbulan-bulan setiap pagi dan sore,” kata Ferdi.

Dalam kondisi tersebut, lanjutnya, terdapat sebuah keyakinan, sebuah proses, ada koordinasi, ada kerjasama, ada saling menghormati, saling menghargai. Jadi segala hal tersebut memang ada dalam sepak bola.

“Tidak perlu harus menjadi pemain atau pelatih untuk bisa banyak belajar menghidupi Pancasila dari sepak bola, karena banyak pula buku yang ditulis oleh penulis hebat tentang nilai-nilai hidup dari sepakbola,” pungkas dia

►https://kuasakata.com/read/berita/41467-hendi-sebut-unika-soegijapranata-konsisten-membangun-nilai-kebangsaan-milenial

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message