Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Guru Besar Unika Soegijapranata Prof Andreas Lako Berpulang, RIP

Guru Besar Unika Soegijapranata Prof Andreas Lako Berpulang, RIP
Keluarga besar Universitas Katolik Soegijapranata  Semarang berduka karena salah satu Guru Besar Program Studi Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof Dr Andreas Lako Msi meninggal dunia pada Rabu,23 Ferbuari 2022 pagi.
Kabar duka berkenaan dengan kepulangan abadi Prof Andreas Lako segera berbedar di aplikasi perpesan WhatsApp.

Untuk diketahui, Prof Andreas Lako, adalah pria kelahiran Bajawa Flores, pada 1966. Ia diangkat menjadi Guru Besar dalam Ilmu Akuntansi Universita Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang pada akhir 2010.

Situs  Unika Soegijapranata, www.unika.ac.id, Rabu (23/2) menyebutkan Prof Andreas adalah sosok yang dikenal rajin menulis.

Bahkan selama enam tahun kuliah S2 dan S3, ia bisa menghasilkan sekitar 70 artikel ilmiah di jurnal, 100-an artikel di media massa, dan 3 buku referensi.

Prof Andreas sukses meraih gelar S2 dan S3 dengan predikat cum laude. Karena karya-karya yang sangat banyak saat itu, pada tahun 2008 ia terpilih menjadi Dosen Berprestasi Tingkat Jawa Tengah dan juga pada tingkat nasional. Pada tingkat nasional, ia masuk dalam 10 besar.

Andreas Lako dengan visinya dibidang keilmuan Akuntansi yang digeluti sejak menjadi dosen di Universitas Katolik Soegijapranata tahun 1997.

Kemudian, melanjutkan studi S2 (2000-2001) dan S3 (2002-2007) di Universitas Gajah Mada, yang dijalaninya dengan kesungguhan dan keuletan.

Bahkan, selama hampir sekitar 6 tahun kuliah S2 dan S3, Prof Andreas Lako bisa menghasilkan sekitar 70 artikel ilmiah di jurnal, 100-an artikel di media massa, dan tiga buku referensi.

Andreas Lako saat itu juga bisa lulus S2 dan S3 dengan predikat cum laude. Karena karya-karyanya, pada tahun 2008 dia terpilih menjadi Dosen Berprestasi Tingkat Jawa Tengah dan masuk 10 besar ditingkat Nasional.

Seiring berjalannya waktu, pada 1 Desember 2010, keluarlah SK Menteri Pendidikan tentang pengangkatan Andreas Lako menjadi Guru Besar dalam Ilmu Akuntansi.

Dalam testimoninya, Andreas Lako menyebutkan, pencapaian Guru Besar itu adalah suatu mahakarya Allah. Gelar itu adalah hadiah termulia yang diberikan Allah kepada Beliau.

Pada tugas mulia yang diemban saat terakhir hidupnya, Andreas Lako menjabat sebagai Ketua Program Studi Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL), Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan.

“Banyak jasa dan peran yang Beliau berikan untuk Universitas Katolik Soegijapranata. loyalitas, pengabdian dan keteladanan Prof Andreas Lako akan selalu dikenang oleh siapa pun yang ada di sekelilingnya, baik di lingkungan profesi maupun sosial kemasyarakatan,” ungkap Dr Ferdinandus Hindiarto MSi selaku Rektor Universitas Katolik Soegijapranata,  menanggapi kabar berpulangnya Prof Andreas Lako.

Perhatian almarhumu terhadap isu lingkungan telah mendorongnya untuk mulai mengembangkan konsep akuntansi yang tidak hanya berfokus pada objek dan transaksi keuangan tetapi bagian dari sistem bisnis, ekonomi, pembangunan dan sistem kehidupan manusia dalam bermasyarakat dan bernegara, juga dapat berintegrasi dengan fenomena sosial dan lingkungan sekitar atau disebut Green Accounting.

“Selamat jalan rekan, sahabat, dan panutan civitas academica Universitas Katolik Soegijapranata. Semoga Kedamaian abadi menyertaiMu dalam suka cita abadi bersama Para Kudus di Surga,” pungkas Dr Ferdinand.

Selain menjadi dosen tetap di Program Studi Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof Dr Andreas Lako Msi, sejumlah jabatan publik pernah diembannya.

Antara lain menjadi Pengurus Pusat IAI-KAPd seksi Corporate Governance dan CSR (2012-2015); Ketua Wilayah IAI-KAPd Jawa Tengah (2010-2012); Konsultan Bappeda Jawa Tengah (2013- sekarang); Kolumnis tetap Jawa Pos Radar Semarang (2010- sekarang); Kolumnis tetap majalah motivasi LUARBIASA (2011-sekarang);

Konsultan PDAM Kota Semarang (2009) dan Anggota Tim tarif Independen PDAM 2008-2013; Konsultan Keuangan Amartha institute (2008-2013); Inisiator CSR Bersama dan anggota Tim penanggulangan kemiskinan Kota Semarang (2010-2013).

Anggota Tim Pakar Penilai Amdal Jawa Tengah; Penasihat Keuangan dan Pendidikab Pemkab Ngada, NTT.

# https://www.katolikku.com/news/pr-1612737217/guru-besar-unika-soegijapranata-prof-andreas-lako-berpulang-rip?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message