Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Gratia Choir Paduan Suara Unika Soegijapranata Raih Emas di Bali International Choir Festival 2022

Gratia Choir, kelompok Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang raih medali emas di ajang Bali International Choir Festival (BICF) 2022 yang dibuat oleh Bandung Choral Society merupakan Festival Paduan Suara yaitu The 11th BICF pada tanggal Senin-Kamis (25-28/7/2022) yang dilaksanakan secara langsung di Discoveri Kartika Plaza Hotel, Kabupaten Badung, Bali.

Gratia Choir, kelompok Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang raih medali emas di ajang Bali International Choir Festival (BICF) 2022.

Festival yang dibuat oleh Bandung Choral Society merupakan Festival Paduan Suara yaitu The 11th BICF pada tanggal Senin-Kamis (25-28/7/2022) yang dilaksanakan secara langsung di Discoveri Kartika Plaza Hotel, Kabupaten Badung, Bali.

Disampaikan oleh B. Linggar Yekti Nugraheni, S.E., M.Com., Ph.D., selaku Pendamping Unit Kerja Mahasiswa (UKM) Gratia Choir, milestone Gratia Choir ialah berpartisipasi dalam perlombaan di ajang internasional.

“Setelah terhambat oleh Pandemi, di tahun ini kita bergabung di The 11th Bali International Choir Festival (BICF) 2022. Teman-teman Gracia Choir berhasil meraih Gold Medal dalam Category Mixed Youth Choir Championship” urai Linggar, Ph.D.

Pada ajang ini, Unika mengikutsertakan 32 mahasiswa angkatan 2017-2021 dari berbagai program studi.

Berbagai persiapan dilakukan Gratia Choir mulai dari latihan setiap Senin-Jumat malam pukul 18.00-23.00, persiapan fisik dan mental juga dilakukan.

“Proses pelatihan intensif itu 3 bulan terakhir dengan latihan yang tidak mudah. Karena memang pelatih kami, Andika, cukup memiliki determinasi yang kuat, jadi beliau tidak hanya mendamping dalam sisi bernyanyi saja, tetapi ikut mendampingi secara organisasi dan memberikan motivasi kepada teman-teman mahasiswa Gratia Choir,” terang Linggar, Ph.D.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Gratia Choir, Philipus Ardito Satriya Prasetiyanto juga menyatakan persiapannya kurang tetapi semangat tim yang kuat serta dorongan dari pelatih membuat Gratia Choir semakin bersemangat dan menambah jam untuk latihan mempersiapkan Festival BICF 2022.

Philipus Ardito menyampaikan perasaan bangga dan bahagia atas kesempatan yang dapat diraih oleh Gratia Choir.

“Pasti sangat senang dan bangga atas penghargaan yang diraih, karena tujuan awal sebenarnya kan untuk menambah pengalaman manggung setelah tidak mendapatkan kesempatan untuk perlombaan secara offline” terang Ardito.

Gratia Choir juga terbuka bagi mahasiswa Unika Soegijapranata yang tertarik dalam dunia paduan suara untuk ikut berpartisipasi dan bergabung.

Perasaan bangga dan senang juga dirasakan oleh Adinda Putri Mananta, mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Hukum dan Komunikasi (FH) Unika Soegijapranata dan anggota Gratia Choir.

Ia mengaku mendapat kesempatan yang luar biasa, karena selama dua tahun ini terkurung dalam pandemi dan tidak bisa mengeksplorasi kemampuan, bakat, dan minat lebih jauh di luar sana.

“Ternyata masih banyak hal yang luar biasa yang bisa diraih dan dicoba. Ini menjadi salah satunya event pertama yang Gratia lakukan onsite setelah 2 tahun pandemi,” ucap Adinda.

Gratia Choir, yang bermakna rahmat, didirikan pada 1991 dan pada tahun 1995, Gratia Choir menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bawah Wakil Rektor III Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni) sekaligus sebagai Pembina, Dr. Bertha Bekti Retnawati, M.Si.

Gratia Choir Unika Soegijapranata mempunyai tugas utama untuk mengisi koor atau paduan pada beberapa kegiatan universitas termasuk acara wisuda, selain itu juga mengikuti ajang atau kompetisi paduan suara hingga tingkat Internasional.

Tim Gratia Choir Unika Soegijapranata mengikuti Festival yang diselenggarakan oleh Bandung Choral Society.

Festival Paduan Suara ini merupakan kompetisi yang diadakan ke 11 kalinya, bahkan pada saat ajang kompetisi yang ke 6 tim Gratia Choir juga mengikuti ajang BICF 2018.

Festival ini diikuti oleh paduan suara dari berbagai negara di luar negeri seperti namanya yang melingkupi International.

Gratia Choir Unika Soegijapranata mempersembahkan tiga lagu yaitu Gloria Patri, Mate Saule, dan Domine Deus Meus.

Persembahan lagu ini menjadi sangat berharga dan menjadi satu pengalaman yang menyenangkan bagi Unika Soegijapranata, karena Gratia Choir berhasil meraih kemenangan.

Tim Gratia Choir berhasil meraih peringkat pertama dan memperoleh Gold Medal di Category Mixed Youth Choir Championship dengan point 87,58 pada ajang BICF 2022.

Selain itu, Festival yang diadakan oleh Bandung Choral Society ini juga diikuti oleh beberapa peserta dari beberapa negara seperti, Malaysia, Hongkong, Canada, USA, Thailand, Peru, Filipina, Korea, Mexico, Chile dan negara lainnya.

Setelah terhambat akibat pandemi virus corona, kini Gracia Choir kembali bangkit dan mengikuti beberapa ajang perlombaan Paduan Suara.

Meski dalam proses berlatih belum maksimal karena dampak pandemi, Gratia Choir tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk melewati milestone yakni mengikuti ajang perlombaan di kancah Internasional.

# https://jateng.tribunnews.com/2022/08/06/gratia-choir-paduan-suara-unika-soegijapranata-raih-emas-di-bali-international-choir-festival-2022?page=all.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message