Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

FTP Unika Soegijapranata Siap Gelar Perkuliahan di Kampus Baru Unika BSB City

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata saat ini sedang menyiapkan diri untuk kepindahan fakultas ke tempat yang baru, yaitu di Kampus Unika Soegijapranata di BSB City.

“Kepindahan FTP Unika Soegijapranata rencana akan dimulai minggu pertama bulan Maret 2022. Hal tersebut karena awal perkuliahan semester genap akan dimulai pada minggu kedua atau sejak tanggal 7 Maret 2022,” ucap Inneke Hantoro, Wakil Dekan Pengembangan Sumber Daya FTP Unika Soegijapranata belum lama ini.

Ia katakan, konsep pembelajaran yang akan dilakukan sudah disiapkan sejak awal ketika gedung kampus baru di BSB City dirancang.

Pembelajaran akan dilakukan di kelas-kelas kecil yang lebih interaktif, dan kelas ini juga disusun dengan furniture yang dinamis serta bisa diubah-ubah. Sehingga, komposisi daya tampungnya bisa belasan hingga puluhan atau terbanyaknya adalah sekitar 50 mahasiswa.

Harapannya, dengan kondisi kelas tersebut, proses pembelajarannya akan lebih baik, serta memenuhi syarat prokes dengan jarak aman, sehingga baik perkuliahan maupun praktik laboratorium dapat optimal dan berlangsung aman.

Demikian pula untuk fasilitas laboratorium, juga akan dipindah secara bertahap ke kampus baru, mulai Maret hingga Mei 2022.

Nantinya, FTP Unika juga akan memiliki fasilitas laboratorium yang lebih lengkap. Dari yang awalnya laboratorium berjumlah delapan unit, akan ditambah menjadi sekitar 15 unit, termasuk di dalamnya laboratorium pembelajaran dasar bagi mahasiswa semester satu hingga semester tiga. Kemudian juga akan ditambahkan laboratorium nutrisi, dan laboratorium hewan.

“Selanjutnya kami juga akan menyediakan mini plant atau pabrik mini. Ini adalah yang paling baru dari FTP Unika, karena di dalamnya kita akan mensimulasikan suatu industri pangan dalam skala yang kecil. Harapannya, dengan mini plant ini mahasiswa bisa melihat langsung dan terlibat secara aktif tentang bagaimana mengelola indutri pangan nantinya,” tutur Inneke.

Bersama dengan Rektorat Unika Soegijapranata, pihaknya juga menyiapkan fasilitas kesehatan dan transportasi bus selama masa perpindahan atau siapapun yang membutuhkan mobilitas dari kampus lama ke kampus baru yang bisa digunakan oleh mahasiswa ataupun karyawan.

Sedangkan Dekan FTP Unika Soegijapranata Laksmi Hartayanie menambahkan, pelaksanaan praktik laboratorium secara luring akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei atau sesudah ujian tengah semester genap.

“Perkuliahan Program S-1 Teknologi Pangan dilaksanakan secara hybrid (PTM dan PJJ) mulai tanggal 7 Maret dan untuk praktikum dilaksanakan setelah ujian tengah semester genap,” ujarnya.

Sedangkan perkuliahan bisa juga dilakukan di kelas-kelas kecil atau di luar kelas (seperti di ruang rooftop), sehingga harapannya perkuliahan dapat berlangsung dengan aman, tetap memenuhi prokes dan menyenangkan.

Di FTP juga ada Program Food for Beauty and Wellness, yang sudah berlangsung sekitar dua tahun, sehingga dalam pembelajarannya diharapkan dapat mengikuti sesuai desain kurikulum yang sudah dipersiapkan termasuk dalam hal penggunaan praktikum laboratoriumnya. Sedang, secara keseluruhan persiapan kepindahan FTP Unika ke tempat baru di BSB City sekitar 90 %, sehingga bisa dipastikan pelaksanaan perkuliahan semester genap sudah bisa diselenggarakan di sana sesuai kalender akademik, sambungnya.

Sedangkan dari sisi kurikulum, Dea Nathania Hendryanti, Ketua Program Studi S-1 juga menjelaskan, bahwa terkait dengan kepindahan ini, FTP Unika juga menghadirkan learning environment yang suasananya sangat berbeda untuk mendukung joyful learning. Learning environment dimaksud adalah formal learning environment dan non formal learning environment .

“Dalam academic support, ke depannya FTP Unika akan terus berkolaborasi baik dengan praktisi industri pangan maupun industri jasa boga, alumni, dan juga prodi lain di dalam lingkungan Unika Soegijapranata. Seperti misalnya di semester genap mendatang, FTP berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran (FK) Unika untuk mengampu di mata kuliah Physiology of Digestive Organ, Skin and Brain. Kerja sama ini untuk mendukung program Konsentrasi Food for Beauty and Wellness,” terangnya.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message