Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

FK Unika Siapkan Mahasiswa dengan Kemampuan Sosial Humanistik

Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata menerapkan program community based education bertujuan untuk menyiapkan calon dokter untuk siap bertugas di lapangan. Hal ini terkait pelayanan kesehatan di Indonesia yang sedang menggencarkan program manajemen pelayanan dan pencegahan penyakit.

”Untuk menjawabi kebutuhan tersebut, maka dibutuhkan lulusan dokter yang kompeten dan mengedepankan pendekatan proaktif,” ungkap Dekan FK Unika Soegijapranata dr. Indra Adi Susianto, M.Si.Med., Sp.OG saat jumpa pers di Gedung Thomas Aquinas lantai 3, Kamis 9 Desember 2021.

Hadir dalam jumpa pers ini, Kaprodi FK Unika Soegijapranata dr. Fransisca Pramesshinta Hardimarta, M.Si.Med, Programer Field Lab FK Unika Soegijapranata Perigrinus H Sebong, MPH dan Ketua Dies Natalis Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata ke-3 dr. Jonsinar Silalahi, M.Si.Med., Sp.B., Sp.BA.

Disebutkan bahwa organisasi kesehatan dunia telah menenekankan pola pendidikan yang bertujuan menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang mampu bekerja sama dengan lintas disiplin dan memberikan pelayanan pada semua level pelayanan. Salah satu model pendidikan yang direkomendasikan adalah community based education melalui field lab.

Pendidikan berbasis masyarakat dapat mempromosikan aspek perilaku sosial kepada mahasiswa kedokteran untuk lebih memahami faktor-faktor non biomedis yang mempengaruhi masalah kesehatan sehari-hari.

”Untuk sepenuhnya memahami pengaruh tuntutan sosial pada pasien individu, keluarga mereka, dan masyarakat, mahasiswa kedokteran harus memiliki kemampuan sosial-humanistik yang memadai,” jelasnya.

Prinsip dasar untuk membangun keterampilan sosialhumanistik adalah melalui pembentukan keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang efektif lewat field lab.

Untuk menjaga relevansi pelaksanaan field lab maka pelaksanaan fiel lab difokuskan pada PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis).

”Kebutuhan field lab menjadi sangat penting, karena mahasiswa dipersiapkan untuk bisa terjun langsung ke masyarakat. Field lab di Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata dirancang melalui pendekatan pendidikan yang mempromosikan serta membentuk tenaga dokter yang siap melayani masyarakat,” imbuh Programer Field Lab FK Unika Soegijapranata Perigrinus H Sebong, MPH.

Field lab tidak hanya bertujuan untuk membiasakan mahasiswa berinteraksi dengan lingkungan nyata tetapi lebih pada mempersiapkan mahasiswa untuk bisa menjawabi kebutuhan di masa yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Dies Natalis Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata ke-3 dr. Jonsinar Silalahi, M.Si.Med., Sp.B., Sp.BA. menjelaskan mengawali Dies Natalis Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata ke-3 yang jatuh pada 3 di Februari 2022, FK Unika menyelenggarakan poster presentation dengan menghadirkan pembicara internasional.

Pembicara yang akan hadir adalah Professor Bandana Saini, BPharm, MPharm (Pharmaceutics), MBA (International Business), PhD (Pharmacy Practice), Grad Cert Ed Studies (Higher Education), Grad Cert Implementation Science. Para pembicara akan membahas isu non communicable diseases secara global.

Kegiatan ini diawali dengan seremonial pembukaan dies natalis FK Unika Soegijapranata ke-3 oleh rektor Unika Soegijapranata Semarang.

►https://www.ayosemarang.com/pendidikan/pr-772096635/fk-unika-siapkan-mahasiswa-dengan-kemampuan-sosial-humanistik?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message